Sabtu, 26 September 2020

ISIS-K Serbu Rumah Sakit Militer di Kabul

ISIS-K Serbu Rumah Sakit Militer di Kabul

Tentara Afghanistan Turun dari Helikopter ke Atap Rumah Sakit Militer (Mohammad Ismail/Reuters)

Kabul, Swamedium.com — Pria-pria bersenjata berpakaian pakaian lab. putih menyerang rumah sakit militer di Ibu Kota Afghanistan, Kabul, Rabu (8/3).

Mereka bertempur dengan tentara selama berjam-jam. Serangan itu menewaskan lebih dari 30 orang dan melukai setidaknya 50 yang lainnya, termasuk dokter, pasien, dan staf rumah sakit. Mereka diungsikan untuk dirawat di rumah sakit yang lain.

Pejabat kementerian pertahanan (kemenhan) mengatakan serangan pertama muncul pada pukul 9 pagi, yakni bom bunuh diri di depan pintu utama rumah sakit Sardar Daud Khan di area Wazir Akbar Khan, Kabul pusat.

Area itu merupakan daerah berkeamanan tingkat tinggi karena terdapat beberapa lembaga pemerintahan dan kedutaan-kedutaan besar negara lain.

Para penyerang berada di atap rumah sakit dan melawan pasukan khusus yang dikirim ke tempat kejadian.

Dawlat Waziri, juru bicara kemenhan mengatakan kepada Al Jazeera bahwa tiga penyerang dengan senjata otomatis dan granat tangan memasuki rumah sakit.

“Pasukan khusus kami melawan, tetapi mereka pun berhati-hati agar tidak ada korban. Itu situasi yang sulit,” kata Dawlat.

Pasukan keamanan memblokade area sekitar rumah sakit yang berada di dekat persimpangan lalu lintas yang sibuk. Saat pertempuran berlangsung, ada ledakan kedua dari dalam rumah sakit.

Sebagian pasien yang merupakan korban militer dari seluruh Afghanistan memanjat ke luar bangunan dan berlindung di balkon jendela atau melompat ke bawah.

Majid Mojib yang bertugas di unit perawatan intensif terjun dari jendela lantai tiga, sehingga salah satu kakinya patah.

“Saya ngeri melihat para dokter, pasien, dan semua orang berteriak saat mereka dikejar oleh pria-pria bersenjata yang memberondong tanpa pandang bulu,” kata Majid kepada kantor berita AFP saat dirawat di rumah sakit yang lain di Kabul.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.