Jumat, 02 Oktober 2020

Kasus Korupsi e-KTP, Nama Setya Novanto Ada Dalam Dakwaan Jaksa

Kasus Korupsi e-KTP, Nama Setya Novanto Ada Dalam Dakwaan Jaksa

Foto: Ketua DPR RI Setya Novanto disebut-namanya dalam dakwaan Jaksa KPK pada sidang perkara korupsi e-KTP. (foto: ist)

Jakarta, Swamedium.com– Pada sidang perdana kasus proyek pengadaan e-KTP, Jaksa Penuntut Umum dari KPK membacakan isi dakwaan di majelis persidangan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) di Jalan Bungur Raya Jakarta Pusat, Kamis (9/3).

Dalam dakwaan Jaksa KPK menyebutkan nama Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Setya Novanto. Setya Novanto diduga melakukan tindak pidana korupsi dalam pengadaan proyek e-KTP.

“Bahwa terdakwa 1 (Irman) dan terdakwa 2 (Sugiharto) melakukan kebijakan yang mengakibatkan pengeluaran belanja negara pada tahun 2011-2012 bersama-sama dengan Andi Agustinus alias Andi Naronggong, Setya Novanto ketua fraksi Golkar, dan Diah Anggraeni Sekjen Kemendagri,” jelas Jaksa KPK.

Jaksa KPK juga memaparkan, bahwa Setya Novanto melakukan pertemuan dengan Dian Anggraeni.

Pertemuan yang dilakoni bersama dengan terdakwa Irman yang saat itu mantan Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri bertujuan agar Novanto memastikan Fraksi Partai Golkar mendukung anggaran proyek e-KTP itu.

“Menindaklanjuti kesepakatan itu, beberapa hari kemudian di Hotel Gran Melia Jakarta, para terdakwa bersama-sama dengan Andi Narogong dan Diah Anggraini melakukan pertemuan dengan Setya Novanto. Dalam pertemuan itu, Setya Novanto menyatakan dukungannya dalam pembahasan anggaran proyek pengadaan e-KTP,” ucap jaksa KPK.

Kemudian, Irman dan Andi Narogong kembali menemui Novanto di ruang kerjanya di lantai 12 Gedung DPR. Dalam pertemuan itu, Novanto mengaku akan mengkondisikan pimpinan fraksi lainnya.

“Setya Novanto mengatakan bahwa ia akan mengkoordinasikan dengan pimpinan fraksi lainnya,” ungkap jaksa KPK. (JM/ls)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.