Jumat, 02 Oktober 2020

Pemprov DKI dan KPU DKI Jakarta Akan Lengkapi DPT

Pemprov DKI dan KPU DKI Jakarta Akan Lengkapi DPT

Jakarta, Swamedium.com — Pelaksana tugas (Plt.) Gubernur DKI Jakarta, Soni Sumarsono, di Balai Kota, Rabu (8/3), mengatakan bahwa Pemprov. DKI dan KPU DKI Jakarta akan bekerja sama untuk melengkapi daftar pemilih tetap (DPT) dalam Pilkada DKI Jakarta putaran kedua.

Ia menyampaikan, saat ini total warga yang belum melakukan perekaman KTP elektronik tercatat sebanyak 59.911 orang.

Kendati demikian, ia melanjutkan, dari jumlah tersebut, yang sudah masuk ke dalam DPT, yakni sebanyak 54.381 orang. Jadi, yang belum melakukan perekaman dan belum masuk DPT adalah 5.530 orang.

“Jadi, 5.530 itulah yang akan terus kami kejar, terutama yang tinggal di apartemen. Kami akan jemput bola dengan membuka posko DPT di apartemen-apartemen,” kata Soni di Balai Kota, Jakarta (8/3).

Sumarsono mengimbau setiap walikota, ketua rukun warga (RW), dan ketua rukun tetangga (RT) agar dapat berpartisipasi dalam pemutakhiran DPT.

Ia juga menuturkan, warga yang akan melakukan perekaman KTP elektronik terlebih dahulu harus dipastikan sudah tercatat di dalam pusat data milik Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil DKI Jakarta.

“Jadi, yang mau merekam e-KTP harus dicek dulu, sudah ada di dalam data base atau belum. Kalau memang sudah masuk di dalam data base, baru akan dibuat e-KTP. Itu pun kalau blangko e-KTP sudah tersedia,” jelasnya.

Terakhir, ia menambahkan, apabila blanko e-KTP belum juga tersedia, diperbolehkan memakai surat keterangan (suket) yang dipergunakan sebagai bukti saat pencoblosan nanti, tetapi tentunya dengan aturan main yang berlaku, tidak sembarangan. (JM)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.