Minggu, 27 September 2020

Ahok Terseret Skandal e-KTP?

Ahok Terseret Skandal e-KTP?

Jakarta, Swamedium.com– Persidangan perdana terkait kasus korupsi proyek pengadaan e-KTP telah digelar di pengadilan tindak pidana korupsi (Tipikor), Jl Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Kamis (9/3).

Jaksa dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membacakan isi dakwaannya, dari isi dakwaan Jaksa terungkap nama-nama yang ikut terlibat dalam skandal kasus proyek e-KTP tahun anggaran 2011-2012.

Jaksa membeberkan ada 63 nama anggota Komisi II DPR yang menerima uang korupsi e-KTP, yang dirincikan oleh Jaksa KPK hanya 26 nama saja, sementara 37 nama lainnya hanya disebutkan jumlah nominalnya.

“37 anggota komisi II lainnya seluruhnya berjumlah USD 556.000. Masing-masing mendapatkan uang berkisar antara USD 13.000‎ sampai dengan USD 18.000,” ujar Jaksa KPK Irene Putri.

Perlu diketahui, bahwa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok termasuk anggota DPR RI di Komisi II pada tahun 2011-2012, di komisi II inilah pembahasan anggaran tentang proyek pengadaan e-KTP ini.

Ketika ditanya lebih jauh, persoalan Ahok yang diduga ikut menerima aliran dana dari kasus proyek e-KTP, Jaksa KPK Irene‎beralasan, dakwaan yang telah disusun timnya akan dibuktikan lebih lanjut pada tahap keterangan saksi-saksi. Ia pun tidak dapat memastikan apakah Ahok ikut menerima atau tidak dalam kasus ini.

“Oh iya, nanti kita lihat (di persidangan),” jawabnya. (JM)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.