Rabu, 30 September 2020

Kasus e-KTP, Politisi Partai Hanura Ini Siap Diperiksa KPK

Kasus e-KTP, Politisi Partai Hanura Ini Siap Diperiksa KPK

Foto: Politisi Partai Hanura, Miryam Haryani mengaku siap diperiksa KPK terkait kasus e-KTP (ist)

Surabaya, Swamedium.com– Anggota DPR RI dari fraksi Hanura Miryam S Haryani mengaku siap diperiksa KPK dalam dugaan kasus korupsi e-KTP. Wanita kelahiran Indramayu ini pernah duduku di Komisi II DPR RI periode 2009-2014.

”Saya belum tahu kalau akan ada panggilan tersebut. Namun, pada prinsipnya saya siap untuk diperiksa KPK. Pokoknya lihat dulu,”ungkapnya saat di Surabaya,Sabtu (11/3).

Wanita yang juga Ketum DPP Srikandi Partai Hanura ini mengaku dirinya akan menjelaskan kepada KPK sepengetahuan dia soal pengadaan e-KTP.”Nanti saya beber semua dan dulu sudah pernah saya jelaskan kepada mereka,”sambungnya.

Miryam juga membantah kalau dirinya disebut-sebut sebagai salah satu aktor yang mengatur korupsi e-KTP tersebut.”Tak mungkin saya yang mengatur karena saat itu fraksi Hanura anggotanya cuma dua,”jelasnya.

Sekedar diketahui, dalam kasus korupsi e-KTP, KPK sudah menetapkan dua tersangka yaitu
Irman dan Sugiharto yang dinilai secara bersama-sama korupsi pengadan kasus e-KTP dengan nilai kerugian mencapai Rp 2,3 Triliun. Irman merupakan mantan Direktur Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Sementara itu, Sugiharto ialah mantan Direktur Pengelolaan Informasi Administrasi Dukcapil Kemendagri.

Saat sidang di Pengadilan Pidkor di Jakarta, keduanya didakwa dengan dakwaan melanggar Pasal 2 ayat (1) dan atau Pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.(Ari)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.