Minggu, 20 September 2020

Kelola Cagar Budaya, Jatim Buat Perda Cagar Budaya

Kelola Cagar Budaya, Jatim Buat Perda Cagar Budaya

Surabaya, Swamedium.com– Pemprov Jatim bersama DPRD Jatim dalam waktu dekat akan membuat perda tentang cagar budaya. Meski terlambat, namun keberadaan perda cagar budaya sangat diperlukan di Jatim.

Menurut Wakil Ketua Komisi A DPRD Jatim, Bambang Yuwono mengatakan perda tersebut sangat diperlukan bagi Jatim karena beberapa daerah di Jatim sudah memilikinya.

”Masak kabupaten/kota sudah punya perda cagar budaya malah Pemprov sendiri belum punya. Tak apa dibilang terlambat namun yang penting perda ini ada,”jelasnya saat ditemui di Surabaya, Sabtu (11/3).

Politisi asal PDIP ini mengatakan sebelum dibentuk perda tersebut, Pemprov sudah membentuk TACB (Tim Ahli Cagar Budaya) yang mendata keberadaan cagar budaya di Jatim.

”Kalau yang belum dikuasai daerah tentunya bisa didorong oleh pemprov agar daerah menetapkan kawasan cagar budaya. Harapannya perda ini bisa memberikan perlindungan terhadap keberadaan cagar budaya di Jatim, ”sambungnya.

Ketika dikonfirmasi apa tidak berbenturan dengan perda cagar budaya milik daerah, pria yang akrab dipanggil Logos ini memastikan tak akan ada benturan.

”Justru perda cagar budaya yang dimiliki Pemprov ini akan menjadi penguat perda cagar budaya yang dimiliki daerah. Kami berharap perda ini bisa selesai tahun ini,”jelasnya.

Ditambahkan oleh Bambang Yuwono, diharapkan dengan adanya perda cagar budaya ini bisa bersinergi dengan perda cagar budaya yang dimiliki daerah.

”Kalau ada yang kurang di dalam perda cagar budaya milik daerah tentunya bisa diharap dapat diisi dengan perda cagar budaya yang dimiliki Propinsi. Kami berharap perda ini tak jadi macan ompong namun lebih bertaji dengan adanya sinergi tersebut,”tandasnya. (Ari)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.