Selasa, 13 April 2021

Apakah yang Perlu Anda Ketahui tentang Program Peretasan CIA?

Apakah yang Perlu Anda Ketahui tentang Program Peretasan CIA?

Ilustrasi: Smart Tv Samsung. (Raysonho/Wikipedia)

Washington, Swamedium.com — WikiLeaks, situs web yang berspesialisasi dalam mengungkapkan rahasia, merilis ribuan dokumen yang menggambarkan diskusi-diskusi internal CIA dari teknik peretasan yang dilakukan sejak 2013 hingga 2016. WikiLeaks memperdaya keamanan perangkat elektronik untuk memata-matai.

Banner Iklan Swamedium

Pejabat Amerika Serikat (AS) berkata, Rabu (8/3), pekerja kontrak CIA kemungkinan besar sebagai sumber kebocoran.

Berikut ini sejumlah pertanyaan yang mungkin ditanyakan oleh para pengguna gawai-gawai, seperti smart phone dan smart tv, beserta jawabannya:

Pertanyaan (P): Berapa banyak kerentanan yang digambarkan dalam dokumen WikiLeaks masih terbuka untuk dieksploitasi oleh para peretas atau mata-mata?

Jawaban (J): Tidak ada jawaban definitif dalam dokumen yang menggambarkan teknik penyerangan, tetapi kerap tidak memberikan detail yang cukup bagi para penjual peralatan dan perangkat lunak, sehingga mereka mengerti dengan baik bagaimana produk mereka ditargetkan.

Pembaruan perangkat lunak telah mengatasi banyak kekurangan itu, tetapi tidak jelas berapa sisanya.

P: Apa yang kita pelajari tentang program peretasan CIA?

J: WikiLeaks mempublikasikan dokumen-dokumen yang menggambarkan peralatan CIA untuk meretas gawai-gawai, termasuk telepon seluler, komputer, dan televisi terkini (smart tv).

P: Bagaimana Anda dapat meretas Tv?

J: WikiLeaks mengidentifikasi sebuah proyek yang disebut Weeping Angel, yang dikembangkan oleh agensi intelijen AS dan Inggris, untuk mengambil alih smart tv Samsung yang bermikrofon, memaksanya merekam percakapan ketika gawai itu tidak sedang menyala. Para pakar menjelaskan bahwa smart tv dan gawai-gawai yang lain yang terkoneksi dengan internet dapat dieksploitasi untuk memonitor target.

P: Apakah berbagai pemberitahuan itu baru?

J: Detail-detail yang spesifik itu baru, sangat dikenal di komunitas keamanan siber bahwa agensi-agensi intelijen senantiasa berusaha memanfaatkan kelemahan pada produk-produk teknologi untuk melakukan spionase.

P: Dokumen-dokumen itu memberikan kesan CIA dapat mengakses informasi dari aplikasi-aplikasi pesan terinkripsi, seperti WhatsApp dan Signal. Saya pikir semua itu aman, bahkan dari pemata-mataan pemerintah?

J: Tiada sistem yang sempurna. Dokumen-dokumen menggambarkan cara-cara untuk mendapatkan informasi dari aplikasi-aplikasi itu pada gawai-gawai Android, tetapi hanya setelah mendapatkan kendali penuh atas telepon-telepon itu. Reuters tidak menemukan bukti dari dokumen-dokumen yang dirilis oleh WikiLeaks bahwa CIA menemukan cara untuk memecahkan enkripsi pada aplikasi-aplikasi itu.

P: Apakah iPhone pun mudah diserang?

J: Dokumen-dokumen itu membahas cara-cara untuk menyusup ke iPhone juga. Salah satunya menunjukkan daftar kelemahan keamanan iOS Apple yang didapatkan oleh agensi-agensi intelijen AS, sehingga mereka dapat mengakses gawai-gawai itu.

P: Apa yang harus saya lakukan jika saya khawatir?

J: Sebagian besar orang tidak cemas menjadi target agensi-agensi intelijen. Akan tetapi, setiap orang sebaiknya tetap menggunakan perangkat lunak bermutu, sehingga komputer, telepon seluler, dan gawai-gawai berinternet mereka menjalankan perangkat lunak dengan pemutakhiran keamanan terkini. Para konsumen sebaiknya memerhatikan keamanan seperti halnya mereka memerlukan gawai-gawai terkini.

P: Apa yang kami pelajari tentang CIA yang mungkin berusaha membuat peretasan terhadap warga AS seolah-olah sebagai perbuatan peretas dari negara-negara yang lain, misalnya Rusia?

J: CIA memiliki kumpulan kode serangan yang diambil dari berbagai sumber dan dikelompokkan berdasarkan fungsinya. Dokumen-dokumen yang dirilis sejauh ini tidak menunjukkan CIA merekayasa untuk menipu para korban, sehingga percaya bahwa mereka telah diretas oleh pihak lain, tetapi juga memberikan kesan CIA dapat melakukan peretasan jika ia mau.

P: Apakah ini sebesar bocoran dari mantan pekerja kontrak agensi keamanan nasional (NSA), Edward Snowden?

J: Bocoran Snowden mengungkapkan bahwa NSA mengumpulkan metadata panggilan telepon warga sipil AS secara rahasia. Sedangkan, materi-materi yang dirilis oleh WikiLeaks pada Selasa (7/3) tidak mengungkapkan eksistensi sesuatu dari suatu program. Bocoran itu memberikan detail-detail bagaimana agensi-agensi intelijen AS bekerja dalam menemukan dan mengeksploitasi kelemahan keamanan demi melakukan spionase.

P: Seberapa parah pemberitahuan itu bagi intelijen AS?

J: Pejabat intelijen AS mengatakan bahwa kerugian sedikit karena sebagian besar yang dipublikasikan itu sudah lama, sejumlah kerentanan pada smart tv dan gawai-gawai yang lainnya.

P: Apakah dokumen-dokumen itu asli?

J: Reuters tidak dapat memverifikasi dengan segera konten-konten pada dokumen-dokumen yang dipublikasikan. Pejabat AS mengatakan kepada Reuters bahwa mereka yakin dokumen-dokumen itu asli. Meskipun CIA menolak berkomentar, seorang pakar keamanan siber independen sekaligus mantan karyawan agensi intelijen yang telah melihat dokumen-dokumen tersebut mengatakan bahwa itu asli, ia menyebut kata-kata kode yang digunakan untuk menggambarkan program-program peretasan CIA.

P: Bagaimana WikiLeaks mendapatkan informasi?

J: Tidak jelas juga. Seseorang di dalam agensi mungkin telah membocorkan informasi. Atau seseorang di luar telah menemukan cara untuk mencuri informasi. Pejabat AS mengatakan kepada Reuters pada Rabu (8/3) bahwa pekerja kontrak CIA sepertinya merupakan sumber kebocoran itu.

P: Apa yang dikatakan oleh pemerintah AS dan pemerintah yang lainnya dalam merespon masalah ini?

J: Pihak Gedung Putih menyatakan bahwa presiden Donald Trump “sangat mengkhawatirkan” pembobolan keamanan CIA karena rilis WikiLeaks tersebut.

Kantor kepala jaksa federal Jerman menyatakan bahwa pihaknya akan memeriksa dokumen-dokumen WikiLeaks yang memberikan kesan bahwa CIA telah menjalankan peretasan dari konsulat jenderal AS di Frankfurt, dan akan melakukan investigasi yang sah jika diperlukan. (ais)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita