Rabu, 03 Juni 2020

Dinyatakan Hilang, 2 dari 4 Pendaki Gunung Mekongga Kolaka Utara Ditemukan Selamat

Dinyatakan Hilang, 2 dari 4 Pendaki Gunung Mekongga Kolaka Utara Ditemukan Selamat

Kendari, Swamedium- Tim SAR gabungan, Minggu (12/3) siang pukul 13.30 Wita berhasil menemukan dua dari empat pendaki Gunung Mekongga, Kolaka Utara, yang sebelumnya dinyatakan hilang. Keduanya ditemukan selamat.

“Kedua korban atas nama Laode Mufazhir dan Khairat Umayah Said telah diketemukan oleh Tim SAR gabungan dalam keadaan selamat,” kata Wahyudi Humas Basarnas Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), Senin (13/3).

Ke dua pendaki ditemukan Tim SAR diantara Pos 6 dan 7 Gunung Mekongga. Kedua korban mengalami hypothermia ringan.

“Saat ini proses evakuasi masih berjalan. Diperkirakan sore hari ini apabila kondisi cuaca memungkinkan mereka tiba di posko utama,” tambahnya seperti diberitakan antara.

Sebelumnya, Basarnas Kendari, menyatakan empat pendaki Gunung Mekongga di Kabupaten Kolaka Utara Sultra dilaporkan hilang, Jumat (10/3) siang.

“Kami mendapat laporan dari bapak Rohim dan bapak Lili Anggagia (tim pendaki pencinta alam) bahwa pada tanggal 08 Maret pukul 10.00 WITA empat orang terpisah saat melakukan pendakian di Gunung Mekongga,” ucap Wahyudi.

Setelah mendapat laporan itu katanya, pada pukul 13.45 WITA Tim Rescue Pos SAR Kolaka diberangkatkan menuju tempat kejadian musibah dengan membawa alat pendukung lengkap lainnya untuk melakukan pencarian.

Disebutkan, data korban yang dinyatakan hilang tersebut yakni Edi Mulyadi (27tahun), Toto (20), La Ode (27) dan Khairat (25thn).

Gunung Mekongga adalah gunung tertinggi di Provinsi Sulawesi Tenggarang, 2.790 meter di atas permukaan laut (m/dpl). Kawasan pegunungan ini merupakan jajaran pegunungan Verbeck yang puncak-puncaknya terdiri dari jenis batuan karst dataran tinggi. (*/d)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.