Sabtu, 12 September 2020

Kerugian Bencana Banjir dan Longsor di Kabupaten 50 Kota Capai Rp 253 Miliar

Kerugian Bencana Banjir dan Longsor di Kabupaten 50 Kota Capai Rp 253 Miliar

Foto: Kawasan wisata Lembah Arau Kabupaten 50 Kota tak luput dilanda bencana banjir saat itu, Jumat (3/3). (ist)

Jakarta, Swamedium.com—Bencana alam banjir dan longsor yang melanda Kabupaten Limapuluh Kota Jumat (3/3) lalu menelan kerugian Rp 252,9 miliar. Tidak itu saja, bencana juga menelan korban, 8 orang tewas dan 3 orang luka berat.

Bupati Limapuluh Kota Irfendi menyebutkan, terdapat sekitar 3.482 kepala keluarga (KK) terkena dampak bencana. Terbanyak berada di Kecamatan Pangkalan Koto Baru sebagai lokasi terparah, 2.182 KK.

Sementara di Kecamatan Kapur IX sebanyak 664 KK, Harau 380 KK, Mungka 204 KK, Bukit Barisan 2 KK, Suliki 13 KK dan Lareh Sago Halaban 37 KK.

“Untuk sekolah, ada 31 sekolah terkena dampak banjir. Sejumlah mobile, buku-buku, alat tulis, alat peraga dan alat–alat kantor lainnya rusak berat karena banjir,” kata Bupati, dikutip hariansinggalang, Senin (13/3).

Kerugian pasca bencana paling besar, ditimbulkan akibat kerusakan jalan, rumah, irigasi, jembatan dan jaringan pipa air bersih. Kerusakan jalan akibat longsor, terjadi di 64 titik. Meliputi Kecamatan Bukit Barisan 7 titik, Kecamatan Pangkalan 38 titik, Kecamatan Mungka 2 titik, dan Kecamatan Kapur IX 17 titik

Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB dalam rilis dilaman BNPB, menyebutkan penanganan tanggap darurat di bawah Pos Komando Tanggap Darurat Bencana Banjir dan Longsor menunjukkan kemajuan cepat. Pemulihan dini dilakukan pemerintah daerah dan stakeholders di beberapa sektor.

“Perkembangan hingga Kamis (9/3), air bersih melalui jaringan pipa PDAM telah mengaliri hingga Kecamatan Pangkalan, Lima Puluh Kota. Namun, di wilayah Nagari Sialang, Kecamatan Kapur Sembilan suplai air terkendala mobilisasi dan pemasangan pipa dengan berat hingga 450 kg. Pemasangan pipa tersebut berlokasi di dasar sungai,” ujar Sutopo.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.