Minggu, 13 September 2020

KPU Pertimbangkan Penerapan E-Voting dan Rekapitulasi Elektronik

KPU Pertimbangkan Penerapan E-Voting dan Rekapitulasi Elektronik

Foto: Simulasi mesin e-voting yang sedang dikembangkan BPPT (ist)

Jakarta, Swamedium.com– Ketua KPU RI Juri Ardiantoro mendorong penerapan elektronik voting (e-voting) yang dikembangkan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Ia juga berharap adanya teknologi rekapitulasi suara secara elektronik.

“Banyak yang mengeluh soal rekapitulasi setelah pemilihan. KPU sudah melakukan kajian, perlu didorong adanya teknologi rekap secara elektronik,” kata Juri, usai meninjau Pemilihan Kepala Desa Babakan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, secara e-voting, Minggu (12/3).

Menurutnya, rekap secara elektronik sangat membantu tugas KPU dalam melaksanakan proses pemilihan dan meminimalkan kesalahan dalam perekapan.

“Rekapitulasi suara secara elektronik sangat membantu KPU dan akan meminimalkan kesalahan dalam perekapan,” kata Juri.

Juri mengutarakan, pihaknya mendukung upaya BPPT menyelenggarakan sistem pemilihan elektronik di Indonesia. Langkah tersebut telah diujicobakan dan disimulaskan di 526 desa di sembilan kabupaten di Indonesa sejak 2013 lalu. Bahkan sosialisasi telah dimulai sejak 2010 di sejumlah kota besar.

“Dukungan pelaksanaan e-voting oleh BPPT ini adalah praktik pemilihan pejabat publik yang efektif,” katanya seperti dikutip antara.

Ia mengatakan, praktik e-voting telah banyak diterapkan di beberapa tempat seperti di Jembrana, Bali, dan Bantaeng di Sulawesi Selatan.

“E-voting ini selain mempraktikkan pemilihan secara elektronik juga mengidentifikasi daftar pemilih yang masih banyak terjadi masalah yang harus diperbaiki,” katanya. (*/ls)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.