Rabu, 30 September 2020

Tahun 2020, Jatim Target Zero Sampah

Tahun 2020, Jatim Target Zero Sampah

Foto: Gubernur Jawa Timur Soekarwo (Ari/swamedium)

Surabaya, Swamedium.com– Gubernur Jatim Soekarwo menargetkan pada 2020 Jatim zero sampah. Dalam artian seluruh sampah bisa didaur ulang. Berbagai upaya disiapkan, termasuk menyediakan lahan untuk pengelolaan limbah B3 di Mojokerto.

“Saya targetkan untuk tahun 2020, nol sampah. Sampahnya itu tetap ada, tapi menjadi sampah yang memiliki nilai tambah,” ujarnya di Surabaya, Senin (13/3) .

Orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut untuk mewujudkan hal itu perlu ada penataan di beberapa aspek. Diantaranya, harus membangun budaya baru tentang sampah. Yakni dengan mewujudkan sampah menjadi sesuatu yang bermanfaat. Selanjutnya adalah mengurangi budaya pemakaian plastik.

“Kami optimis karena itu sudah jadi kebutuhan hidup,” jelasnya.

Menurut pria yang akrab dipanggil pakde Karwo ini mengatakan. untuk pengelolaan limbah B3 di Jatim, Pemprov Jatim telah menyediakan 50 hektar tanah Perhutani di Mojokerto serta Detail Enggeneering Desain (DAD). Untuk realisasinya, sambung mantan Sekdaprov Jatim ini tinggal menunggu persetujuan dari Menteri Lingkungan Hidup.

“Besok (hari ini, Red) akan kami laporkan ka presiden bahwa program B3 di Mojokerto untuk menjadi program prioritas. Besok akan saya presentasikan beberapa pembangunan di Jatim ke depan sebagai salah satu wilayah di Indonesia Timur,” tandasnya.(Ari)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.