Jumat, 05 Juni 2020

Aksi Protes Warga Sakai, Jalan Kaki dari Kandis-Pekanbaru 2 Orang Pingsan

Aksi Protes Warga Sakai, Jalan Kaki dari Kandis-Pekanbaru 2 Orang Pingsan

Foto: Ratusan warga Suku Sakai melakukan aksi protes jalan kaki dari Kandis ke Pekanbaru sejauh 63 km. (ist)

Pekanbaru, Swamedium.com— Ratusan warga Sakai melakukan aksi protes jalan kaki dari Kandis Kabupaten Siak ke Pekanbaru. Jauhnya jarak tempuh 63 km, membuat dua warga Sakai pingsan dan ada juga yang kelelahan.

Aksi jalan kaki ke Pekanbaru ini dilakukan untuk menemui Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rahman. Mereka ingin mengadukan persoalan perampasan tanah ulayat mereka oleh PT IMT yang sudah berlangsung bertahun-tahun.

Massa mulai bergerak, Selasa (14/3) pagi dari titik kumpul di Masjid Al-Hidayah Pasar Kandis. Rombongan yang ikut terdiri dari anak-anak hingga orang tua.

“Setidaknya ada 20 orang yang kelelahan dan dua orang yang pingsan,” kata Masri, salah seorang orator aksi seperti diberitakan www.cakaplah.com, Selasa (14/3).

“Yang pingsan dua orang, satu laki-laki, satu perempuan. Dan sekarang lagi dibawa ke puskesmas terdekat,” ujarnya via telpon.

Dikatakan Masri, saat ini massa sedang istirahat di seputaran daerah Simpang Gelombang.
Sementara itu, berkembang kabar tentang keinginan Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman untuk mendatangi massa.

“Kabarnya Pak Gubernur mau kemari. Ini kita lagi istirahat sembari menunggu kepastian kedatangan gubernur,” katanya.

Menurut perkiraan, rombongan warga Sakai Siak ini baru tiba di Pekanbaru, Rabu (15/3) siang. Di Ibukota Provinsi Riau itu mereka akan melakukan aksi di kantor Gubernur Riau, Jalan Sudirman. Mereka meminta Gubernur Riau bisa menyelesaikan persoalan perampasan tanah ulayat Suku Sakai ini seluas 24.000 hektar yang sudah dikuasi perusahaan PT IMT. (*/d)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.