Minggu, 20 September 2020

Tim Kuasa Hukum Ahok Kalap, Saksi Yang Dihadirkan Kembali Ditolak Hakim

Tim Kuasa Hukum Ahok Kalap, Saksi Yang Dihadirkan Kembali Ditolak Hakim

Foto: Auditorium Kementerian Pertanian yang menjadi ruang persidangan Ahok. (yoga/swamedium)

Jakarta, Swamedium.com– Sidang yang ke 14 kasus penistaan agama dengan terdakwa Ahok, seperti biasa digelar di Ruang Aditorium Kementan, Jl RM Harsono, Ragunan, Jakarta, Selasa (14/3).

Ketua Majelis hakim Dwiarso Budi Santiarto menolak secara tegas saksi ahli pidana yang dihadirkan kuasa hukum Ahok di dalam persidangan, yakni Edward Omar Sharif Hiariej pakar hukum pidana dari Universitas Gaja Mada (UGM) Yogyakarta.

Sebab, menurut majelis hakim, kuasa hukum Ahok harus menghadirkan saksi fakta yang sudah diambil keterangannya dalam BAP dahulu dilanjutkan dengan saksi yang belum di BAP.

“Kalau ada tambahan saksi yang di luar BAP. Kalau saudara memeriksa ahli boleh asal tak menghadirkan saksi fakta lagi, tak ada fakta tambahan. Kalau masih ada fakta tambahan, ahlinya tak diperiksa agar BAP bisa sistematis,” tegas hakim.

Menanggapi penolakan majelis hakim tersebut, tim kuasa hukum Ahok sempat memrotes keputusan majelis hakim.

Seperti diketahui, Tim Kuasa Hukum Ahok rencananya akan menghadirkan 4 orang saksi, yaitu, teman SD Ahok Fajrun, mantan Ketua Panwaslu Kabupaten Belitung 2006-2007 Juhri, sopir Ahok Suyanto dan ahli pidana dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Prof. Edward Omar Sharif. (JM)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.