Tuesday, 21 May 2019

Permintaan Semen Tahun ini Bakal Naik

Permintaan Semen Tahun ini Bakal Naik

Jakarta, Swamedium.com – Tingkat konsumsi semen nasional di tahun 2017 diperkirakan bakal meningkat antara 3%-5% dibandingkan konsumsi tahun 2016, yang cenderung stagnan. Kenaikan permintaan semen ini didorong oleh meningkatnya proyek-proyek pemerintah dan beberapa proyek komersial serta perumahan akibat adanya kebijakan pengampunan pajak (Tax Amnesty).

Faktor pendorong berikutnya adalah turunnya bunga Kredit Pemilikan Rumah (KPR), kelonggaran pada ketentuan rasio analisa kredit yang mengukur cakupan agunan (loan to value ratio), adanya pemberian hipotik kedua untuk kepemilikan properti, pengurangan pajak perpindahan kepemilikan, kejelasan dalam kepemilikan properti oleh orang asing, dan kemudahan peraturan.

Direksi PT Indocemen Tunggal Perkasa Tbk menyampaikan analisanya tersebut dalam materi paparan publik yang akan dipaparkan kepada stakeholders dalam waktu dekat ini. Sebagai produsen semen, perseroan  siap mengantisipasi peningkatan permintaan semen curah dan beton siap pakai baik di luar Jawa, terutama lebih tersebar di Jawa karena cepatnya perkembangan proyek infrastruktur pemerintah di tahun 2017.

Indocement mengantisipasi lonjakan permintaan itu dengan ekspansi di terminal semen dan Batching Plants.” Kelebihan pasokan sekitar 27 juta ton di 2016 dan sampai dengan 37 juta ton di 2017 akan mengubah kondisi pasar industri semen dan kami perkirakan kompetisi yang ketat di antara 19 merek semen dari 15 pelaku usaha akan terus terjadi (sebelumnya dari 9 merek dan 9 pelaku usaha),” jelasnya.

Meski permintaan meningkat, kompetisi bisnis di industri semen nasional  diperkirakan akan semakin ketat ke depannya dengan masuknya 10 pemain baru yang akan membangun pabrik di sejumlah wilayah  di tahun 2017. Dengan demikia, produsen semen di tanah air bertambah dari 9 perusahaan menjadi 19 perusahaan. Adapun ke-10 pemain baru tersebut meliputi:

  1. Siam Cement (Thailand) di Sukabumi, Jawa Barat
  2. Semen Merah Putih (Wilmar Grup) di Banten, Jawa Barat
  3. Anhui Conch Cement (Tiongkok) di Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, dan Papua Barat
  4. Ultratech di Wonogiri, Jawa Tengah
  5. Semen Puger di Jawa Timur
  6. Semen Barru di Sulawesi Selatan
  7. Semen Panasia di Sulawesi Selatan
  8. Jui Shin Indonesia di Jawa Barat
  9. Semen Gombong di Jawa Tengah
  10. Semen Grobogan di Jawa Tengah

 

Pages: 1 2

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)