Jumat, 25 September 2020

Saksi Juhri: “Ahok Kalah di Babel Bukan Karena Al Maidah”

Saksi Juhri: “Ahok Kalah di Babel Bukan Karena Al Maidah”

Foto: Saksi Juhri, mantan Panwaslu Belitung dihadirkan Kuasa Hukum Ahok, Selasa (14/3) (yoga/swamedium)

Jakarta, Swamedium.com– Juhri, sSaksi yang meringankan Ahok mengungkapkan di dalam persidangan bahwa kekalahan Ahok sewaktu pilkada di Bangka Belitung bukan disebabkan surat Al Maidah akan tetapi perolehan suara yang diterima Ahok sedikit.

Dalam persidangan, Juhri menuturkan, pada saat pilkada di Bangka Belitung banyak selebaran mengangkat isu SARA, dalam isi selebaran itu mengajak untuk memilih pemimpin muslim.

“Memang tak ditujukan pada nama paslon tertentu, hanya saja selebaran tersebut tampak mendiskreditkan paslon yang beragama nonmuslim,” kesaksian juhri di sidang ke 14 Kasus penistaan agama dengan terdakwa Ahok, di Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan, Selasa (14/3).

Menurutnya, selebaran yang beredar di tengah masyarakat merupakan tindak pidana pemilu dan panwaslu sudah menyerahkan kasus tersebut ke kepolisian. Tapi ia menegaskan kekalahan Ahok pada pilkada di Bangka Belitung tahun 2007 silam bukan karena surat Al Maidah.

“Namun, kekalahan pak Ahok bukan karena selebaran Al-Maidah, tapi karena kurangnya pemilih di kantong suara pak Ahok,” kata Juhri.

Namun, masih Juhri melanjutkan, mengatakan bahwa pidato almarhum Gus Dur yang dalam pidatonya membolehkan memilih paslon nonmuslim tidak termasuk kategori SARA.

“Kalau pidato Gus Dur itu kan sudah dijadwalkan, memang. Saya kenal pak Ahok secara pribadi sejak dia jadi Bupati Belitung Timur, yah biasa saja yah orangnya, semuanya biasa saja kok tentang dia,” ujarnya saat memberi kesaksian. (JM)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.