Kamis, 24 September 2020

Hasil Studi, Ternyata 38 Juta Akun Twitter Bodong Alias Akun Bot

Hasil Studi, Ternyata 38 Juta Akun Twitter Bodong Alias Akun Bot

Foto: Studi University of Southern California dan Indiana University menemukan adanya 38 juta akun bot atau akun bodong. (ilustrasi)

Jakarta, Swamedium.com — Sebuah studi di University of Southern California dan Indiana University menemukan adanya 38 juta akun bot atau akun bodong. Jumlah tersebut sekitar 15 persen dari 319 juta akun yang terdaftar di twitter.

Dilansir antaranews dari laman India Times, Rabu (15/3), dalam penelitian itu University of Southern California menggunakan ribuan fitur dan parameter dalam risetnya. Parameter yang digunakan, seperti jumlah teman, rasa cuitan, isi konten dan jeda antar cuitan untuk mengenali akun bot dengan manusia.

Berdasarkan metode itu, mereka memperkirakan 9 hingga 15 persen akun Twitter yang aktif adalah bot.

Tapi temuan itu dibantah pihak twitter. Sseorang juru bicara Twitter menyatakan tidak semua akun bot negatif.

“Beberapa akun bot sangat bermanfaat, seperti mereka yang secara otomatis memperingatkan akan terjadi bencana atau sebagai layanan pelanggan,” kata Twitter.

Pada 2014 lalu, Twitter memperkirakan akun bot berjumlah 23 juta dari 271 pengguna aktif bulanan mereka, jumlah tersebut berada di bawah 9 persen.

Twitter punya cara sendiri untuk menangkap dan menghapus spam bot atau akun palsu, juga membuat perangkat agar pengguna dapat melaporkan pelanggaran serta akun non-manusia. (*/d)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.