Senin, 01 Juni 2020

Penderita Kusta Paling Banyak Di Madura

Penderita Kusta Paling Banyak Di Madura

Foto: Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf saat menyampaikan sambutan pada acara "Eliminasi Kusta 2017" di Madura. (Ari/swamedium)

Surabaya, Swamedium.com — Wakil Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf mengatakan Pulau Madura merupakan penyumbang kusta terbanyak sebanyak 35 persen penderita kusta di Jawa Timur.

Pria yang akrab dipanggil Gus Ipul ini mengatakan Pemprov Jatim ingin terus menurunkan prevalensi rate angka kesakitan penyakit kusta berada di bawah 1/10.000 penduduk.

“Kita ingin semua prevalensi ratenya di bawah 1/10.000 penduduk. Sehingga dibutuhkan kerja keras dan dukungan dari semua pihak. Karena sebagian masyarakat masih menganggap kusta sebagai penyakit kutukan, bahkan mengucilkan penderita kusta dan tidak memberikan kesempatan untuk berobat,” jelasnya, Rabu (15/3).

Lebih lanjut dikatakan olehnya, target prevalensi rate tersebut sesuai dengan target nasional. Nasional sendiri menargetkan untuk eliminasi kusta pada semua provinsi adalah pada tahun 2019, sedangkan target untuk Jatim adalah pada tahun 2017.

Gus Ipul juga meminta masyarakat agar waspada terhadap gejala penyakit kusta dengan mengenali lima tanda di kulit yakni bercak merah, bercak putih, bercak tidak gatal, bercak tidak sakit, dan tidak sembuh dengan obat biasa. Jika terdapat ada tanda-tanda di atas segera periksa ke Puskesmas terdekat secara gratis.

Dalam kesempatan itu, Gus Ipul menegaskan bahwa penyakit kusta bukan penyakit kutukan, bukan karena sihir, dan bukan penyakit keturunan. Penyakit kusta adalah penyakit yang disebabkan oleh kuman seperti penyakit lainnya.

“Orang yang pernah terinfeksi kusta (Oyapita) jangan dijauhi karena untuk tertular perlu kontak dengan penderita yang belum diobati dan dalam waktu yang lama secara terus menerus,” tandasnya. (Ari)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.