Sabtu, 19 September 2020

Tidak Perlu Cemas, 3 Daerah di Sumbar Dilintasi Fenomena Equinox

Tidak Perlu Cemas, 3 Daerah di Sumbar Dilintasi Fenomena Equinox

Foto: Fenomena equinox akan melewati 3 daerah di Sumatera Barat. (ist)

Jakarta, Swamedium.com — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis ada tiga daerah di Sumatera Barat yang dilewati fenomena equinox pada tanggal 21 Maret nanti. Warga diminta tidak perlu mencemaskan adanya fenomena ini seperti isu yang beredar.

Menurut siaran pers BMKG, equinox adalah salah satu fenomena astronomis di mana Matahari melintasi garis khatulistiwa. Secara periodik berlangsung dua kali dalam setahun, yaitu pada 21 Maret dan 23 September.

Saat fenomena ini berlangsung, kondisi cuaca dan iklim di luar bagian Bumi hampir relatif sama termasuk wilayah yang berada di subtropis bagian utara maupun selatan.

Keberadaan fenomena tersebut tidak selalu mengakibatkan peningkatan temperatur udara secara drastis, di mana rata-rata suhu udara maksimal di wilayah Indonesia bisa mencapai 32-36 derajat Celcius.

Equinox bukan merupakan fenomena sebagaimana gelombang panas yang terjadi di Afrika dan Timur Tengah yang dapat mengakibatkan peningkatan temperatur udara secara drastis tinggi dan bertahan lama.

Untuk wilayah Sumatera Barat yang dilalui fenomena equinox adalah Kabupaten Limapuluh Kota, Kabupaten Pasaman, dan Kabupaten Pasaman Barat.

“Di Sumatera Barat, matahari mulai kontak dengan garis khatulistiwa pada 20 Maret 2017 pukul 10.51 WIB dan mulai meninggalkan garis khatulistiwa pada tanggal 21 Maret 2017 pukul 16.39 WIB,” kata Kepala Stasiun Koordinator BMKG Sumatera Barat, Rahmat Triyono di Padang, seperti dikutip antaranews, Rabu (15/3).

Selain di Sumatera Barat, daerah lain di Indonesia yang dilintasi equinox adalah Ternate, Maluku Utara, Sulawesi Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kepulauan Riau, Riau, dan berakhir di Pulau Telo Sumatera Utara. (*/d)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.