Sabtu, 12 September 2020

Balita Dicakar Harimau, Scorpion Desak Sesi Foto Dengan Satwa Dilarang

Balita Dicakar Harimau, Scorpion Desak Sesi Foto Dengan Satwa Dilarang

Foto: ilustrasi anak harimau. (ist)

Surabaya, Swamedium.com — Peristiwa dicakarnya anak balita bernama Putri (4) saat sesi foto bersama dengan anak harimau di museum satwa Jatim Park 2 Batu Malang, Selasa (14/3) membuat Lembaga peduli satwa Scorpion Widlife Trade Monitoring Group prihatin terhadap kejadian tersebut.

Scorpion mendesak Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) untuk melarang dan menghentikan seluruh pertunjukan sesi foto yang melibatkan satwa di kebun binatang atau di tempat pertunjukan satwa lainnya.

”Kami sudah mengirimkan surat dan meminta KLH untuk melarang sesi foto dengan satwa,” jelas Deputi Direktur Scorpion Wildlife Trade Monitoring Group Marison Guciano saat dikonfirmasi, Rabu (15/3).

Marison mengatakan surat permintaan untuk menghentikan seluruh pertunjukan yang melibatkan satwa liar tersebut dikirim melalui surat elektronik kepada Menteri KLH Siti Nurbaya dengan tembusan Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) dan Direktorat Konservasi dan Keanekaragaman Hayati (KKH) pada 10 Februari 2017.

​Selain mengirimkan surat, kata Marison, Scorpion juga telah membuat petisi untuk menghentikan seluruh pertunjukan​ kejam yang melibatkan satwa. Sesi foto dengan harimau termasuk dalam salah satu pertunjukkan kejam terhadap satwa.

“Sebelum kejadian anak yang diterkam harimau ini kami sudah mengingatkan agar KLH segera menghentikan seluruh pertunjukkan yang melibatkan satwa liar. Selain berbahaya bagi keselamatan manusia (pawang dan pengunjung), pertunjukkan itu juga berkontribusi terhadap tidak pekanya masyarakat pada kekerasan yang terjadi pada binatang,” kata Marison.

Marison mengatakan bayi satwa, seperti harimau dalam sesi foto, seringkali dipisah dari induknya. Hal ini tentu saja tidak hanya berdampak negatif terhadap psikis bayi, tetapi juga induk harimau tersebut.

Dalam catatan Scorpion, beberapa kebun binatang dan Taman Safari yang masih menggunakan sesi foto bersama satwa liar adalah Taman Safari Cisarua Bogor, Taman Safari Prigen Pasuruan, Bali Zoo dan Kebun Binatang Gembiraloka, Yogyakarta.​ (Ari)

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.