Saturday, 07 December 2019

Basuki Tjahaja Purnama Kembali Kalah Lawan Rakyat di Pengadilan

Basuki Tjahaja Purnama Kembali Kalah Lawan Rakyat di Pengadilan

Foto: Warga Kampung Akuarium yang banyak berprofesi menjadi nelayan menolak reklamasi di Teluk Jakarta. (ist)

Jakarta, Swamedium.com — Untuk kesekian kalinya, kebijakan Gubernur DKI non aktif Basuki Tjahaja Purnama kalah di pengadilan melawan rakyatnya. Kali ini, Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Pulogebang, Jakarta Timur mengabulkan permohonan rakyat soal penolakan proyek reklamasi Pulau K Teluk Jakarta.

“Dalam pokok perkara mengabulkan gugatan dari penggugat untuk seluruhnya. Menyatakan batal keputusan tentang pemberian izin reklamasi Pulau K,” kata Ketua Majelis Hakim Arief Pratomo memututuskan, Kamis (16/3) sore.

Gugatan penolakan pembangunan proyek reklamasi Teluk Jakarta ini diajukan Komunitas Nelayan Tradisional (KNT) dan Walhi sejak tahun 2016. Mereka menolak tiga proyek pembangunan pulau disana. Selain Pulau K, mereka juga menolak pembangunan reklamasi Pulau F dan I.

Namun dalam sidang di PTUN Pulo Gebang Jakarta Timur, hakim baru memutuskan untuk Pulau K. Sementara untuk dua pulau, majelis hakim menunda putusannya.

Sementara itu untuk kasus Pulau G saat ini kasusnya masih dalam proses kasasi di Mahkamah Agung. Untuk Pulau G itu di tingkat PTUN gugatan nelayan Teluk Jakarta dikabulkan. Namun saat Gubernur DKI Basuki mengajukan banding di Pengadilan Tinggi TUN (PT TUN), giliran Ahok yang menang. (*/d)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.