Kamis, 28 Mei 2020

Melayat KH Hasyim Muzadi, Anies: Saya Bersyukur Pernah Belajar dari Beliau

Melayat KH Hasyim Muzadi, Anies: Saya Bersyukur Pernah Belajar dari Beliau

Foto: Anies Baswedan disambut masyarakat saat tiba di komplek Ponpes al Hikam 2 Depok. (ist)

Depok, Swamedium.com — Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tampak menghadiri prosesi pemakaman mantan Ketua Umum PBNU KH Hasyim Muzadi di Komplek Pondok Pesantren Al-Hikam, Depok Jawa Barat, Kamis sore (16/3). Anies bersama rombongan tiba di rumah duka pukul 15.28 WIB.

Mengenakan baju koko putih dan peci hitam, kedatangan Anies disambut oleh Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin). Anies pun bergegas memasuki rumah duka untuk ikut berdoa sembari menunggu kedatangan jenazah.

Anies menilai sosok Kyai Hasyim selalu adem (sejuk) menyampaikan pesan yang bisa menjangkau semua. Sosok Kyai Hasyim, sambung Anies, membuktikan Islam sebagai rahmatan lil alamin, sebuah pesan yang harus lebih didengungkan dewasa ini.

“Kami bersyukur murid-muridnya sempat belajar dari beliau. Insya Allah dari ilmu yang beliau tularkan pada kita semua, akan kembali menjadi aliran pahala tanpa henti,” ujar Anies.

Sementara Cak Imin mengutarakan pendapatnya tentang sosok Kiyai Hasyim yang humoris.

“Kesabaran dan cara komunikasi yang humoris itulah yang menjadikan beliau bisa diterima di semua kalangan,” kenang Cak Imin.

Anies kemudian mengikuti prosesi pemakaman dengan khidmat, sejak shalat hingga upacara pemakaman yang dipimpin oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla. Sejumlah tokoh nasional pun turut menghadiri prosesi pemakaman yang dipadati oleh ribuan pelayat tersebut, antara lain Mensos Khofifah Indar Parawangsa, Wakil ketua MPR Hidayat Nurwahid, mantan Ketum Muhammadiyah Din Syamsuddin, dan Ustadz Bachtiar Natsir. (*/ls)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.