Rabu, 30 September 2020

Eks Sekjen Mendagri: Akui Terima Aliran Dana e-KTP, Dikira Bagi Rezeki

Eks Sekjen Mendagri: Akui Terima Aliran Dana e-KTP, Dikira Bagi Rezeki

Jakarta, Swamedium.com – Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Diah Anggraeni mengakui di dalam persidangan bahwa dirinya telah menerima uang sebesar uang proyek dari e-KTP sebanyak 500 ribu dolar AS.

Uang tersebut diberikan oleh mantan Dirjen Dukcapil Kemendagri Irman sebanyak 300 ribu dolar AS dan pengusaha Andi Agustinus alias Andi Narogong sebanyak 200 ribu dolar AS.

“Jadi waktu saya dikasih saya bilang ke Andi. Jangan Ndi, ini dah kebanyakan dari pak Irman terus dari kamu lagi,” ujarnya Diah saat bersaksi dalam persidangan perkara korupsi e-KTP dengan terdakwa Irman dan Sugiharto di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (16/3).

Diah memaparkan, awalnya, dirinya mengaku sempat tidak bersedia menerima uang dari terdakwa Irman. Bahkan terbersit dalam hatinya untuk mengembalikan uang tersebut.

“Namun, pak Irman bilang jangan itu sama saja bunuh diri jadi saya tertekan. Makanya uangnya saya enggak apa-apain,” ungkapnya di persidangan.

Setelah saksi mengakui perbuatannya menerima sejumlah uang, ketua majelis hakim John Halasan Butarbutar membacakan BAP Diah saat diperiksa penyidik KPK.

“Dalam BAP benar saya terima uang dari Irman melalui stafnya dan saya katakan terima kasih. Itu baik sekali tanggapannya,” ungkap Hakim John.

Majelis hakim meminta kepada Diah untuk dapat jujur saat dimintai kesaksiannya. Diah pun mengakui dirinya telah menerima uang tersebut.

“Dan ibu pun tidak bertanya-tanya ini uang apa?” cecar Hakim bertanya kepada saksi.

“Yah saya berprasangka baik saja dengan pak Irman. Mungkin pak Irman mau berbagi rezeki,” jawab diah.

Diah mengaku di persidangan, bahwa dirinya ada niatan untuk mengembalikan uang tersebut.

“Tetapi saya tidak tahu rumah Andi, jadi saya simpan saja. Sebab, ketika saya tanya ke pak Irman akan rumah Andi, pak Irman menjawab tidak tahu,” ungkapnya.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.