Sabtu, 08 Agustus 2020

Gunakan Drone dan Granat Kok, Pasukan Keamanan Irak Serang ISIS

Gunakan Drone dan Granat Kok, Pasukan Keamanan Irak Serang ISIS

Sebuah drone pasukan keamanan rezim syiah Irak mengangkut dua granat kok. (AFP)

Mosul, Swamedium.com — Pasukan keamanan rezim syiah Irak menyerang ISIS dengan granat kok yang diluncurkan dari drone.

Ekor berbulu yang biasanya digunakan di lapangan bulu tangkis di seluruh dunia itu dipasangkan pada granat untuk menjaga keseimbangan granat saat jatuh, sehingga ledakannya lebih akurat.

Sebelumnya, ISIS melakukan taktik menjatuhkan bom itu ke arah pasukan koalisi Irak dan warga sipil. Setelah melihat efektivitas serangan itu, pasukan keamanan rezim syiah Irak pun bermodalkan drone sebagai senjata.

ISIS menggunakan drone komersial kecil untuk menjatuhkan peledak sejak mereka mulai menyerang untuk menduduki Mosul pada Oktober 2016.

Dalam rangka perang mengambil alih Mosul barat, Kol. Hussein Muayad dari polisi federal mengadaptasi taktik ISIS. Mereka melengkapi drone mereka dengan granat 40 mm yang biasanya ditembakkan dari pelontar granat.

Seorang petugas keamanan memegang dua granat yang dipasang kok. (AFP)

“Warga memandangi langit selama perang di Mosul, takut drone ISIS,” kata Hussein. “Kini, mata musuh (ISIS) yang tidak berpaling dari langit. Mereka biasa menyerang kami sekali, tetapi kami dapat menyerang mereka lebih dari empat kali dengan satu drone.”

Letjen. Raed Shaker Jawdat dari polisi federal yang mengambil bagian dalam pertempuran bersama unit pasukan khusus mengatakan bahwa taktik baru itu sangat efektif.

“Lusinan teroris telah terbunuh dan terluka. Gerakan jihad tidak berdaya,” ucap Raed bangga.

“Mosul barat sangat padat. Jalanan-jalanannya sangat sempit,” jelasnya. “Maksud dari [penggunaan] drone-drone ini ialah untuk menyerang teroris dengan tepat, bukan warga sipil.”

“Siang dan malam, ada 12 drone yang selalu mengudara, siap untuk menyerang,” ungkapnya. Akan tetapi, ia menolak memberi tahu berapa persis jumlah drone yang polisi federal gunakan.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.