Sunday, 19 May 2019

Pabrik Semen Indonesia di Rembang Beroperasi April

Pabrik Semen Indonesia di Rembang Beroperasi April

Jakarta, Swamedium.com – Kendati sebagian warga dan lembaga swadaya masyarakat memprotes keberadaan pabrik semen di daerahnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M Soemarno  optimistis pabrik Semen Indonesia di Rembang bisa mulai beroperasi April 2017. Perizinan pengoperasian pabrik tersebut saat ini hampir selesai.

“Persis tanggalnya belum ditentukan, tetapi kami optimis pada April 2017,” katanya sebagaimana dilaporkan Antara saat meninjau pabrik Semen Indonesia,di Rembang, Jawa Tengah, Jumat.

Dalam kunjungan tersebut, Rini juga bertemu dan berdialog dengan tokoh dan perwakilan masyarakat di sekitar lingkungan pabrik semen yang sudah menunggu kedatangannya.

Warga yang tinggal di wilayah ring I Pabrik Semen Indonesia di Rembang menginginkan pabrik semen “pelat merah” itu segera beroperasi dengan sudah turunnya izin yang baru.

“Warga yang kontra itu dinamika yang terjadi dan harus dihormati,” kata Kepala Desa Kadiwono, Rembang, Ahmad Ridwan, usai berdialog dengan Menteri BUMN Rini M Soemarno yang meninjau Pabrik Semen Indonesia.

Hal tersebut diungkapkannya menanggapi adanya aksi mengecor kaki yang dilakukan kembali di depan Istana Negara, Jakarta, oleh sejumlah warga yang memprotes keluarnya izin baru pabrik semen di Rembang.

Menurut Rini, perizinan terkait pengoperasian pabrik Semen Indonesia di Rembang  hampir selesai semuanya, tinggal Kajian Lingkungan Hidup Strategis. Perizinan pengoperasian pabrik ditargetkan selesai April.

Keberadaan pabrik itu, ungkapnya, harus bisa memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat, di samping memberi keuntungan bagi negara.

“Pabrik ini tidak bisa beroperasi tanpa dukungan masyarakat. Kepentingan masyarakat adalah kepentingan kita, kepentingan kita adalah kepentingan masyarakat,” katanya.

Oleh karena itu, ia mengatakan, warga yang menolak keberadaan pabrik semen tetap harus dirangkul. (maida)

Pages: 1 2

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)