Sabtu, 19 September 2020

Akun Twitter Penghina Ketua MPR Dilaporkan Geprindo ke Polisi

Akun Twitter Penghina Ketua MPR Dilaporkan Geprindo ke Polisi

Foto: Presiden Gerakan Pribumi Indonesia (Geprindo) Bastian P Simanjuntak. (Dipo/swamedium)

Jakarta, Swamedium.com — Gerakan Pribumi Indonesia (Geprindo) akhirnya melaporkan akun Twitter @haloJakarta ke Polda Metro Jaya. Pasalnya, akun tersebut diduga telah menyebarkan ujaran kebencian (hate speech) yang mengandung SARA terhadap Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan.

Laporan mereka diterima oleh Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya dengan nomor laporan polisi: LP/1354/III/2017/PMJ/DIT Rerkrimsus, tertanggal 17 Maret 2017.

“Kami baru saja melakukan laporan untuk kasus yang terkait cuitan akun @haloJakarta terhadap Zulkifli Hasan dan pribumi Indonesia,” ujar Presiden Geprindo Bastian P Simanjuntak saat ditemui di Mapolda Metro Jaya, Jumat (17/3).

Menurut Bastian ucapan atau cicitan dari @haloJakarta tersebut sudah menyinggung bukan hanya terhadap Zulkifli Hasan saja, melainkan bagi rakyat Indonesia juga yang merasa asli orang pribumi.

“Kepada cyber crime agar segera memproses dan mencari pelakunya, siapa yang menulis kemudian ditindaklanjuti sesuai undang-undang yang berlaku,” tandasnya.

Ia menduga pemilik akun tersebut merupakan pendukung Paslon Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat dalam Pilkada DKI Jakarta.

“Kalau dilihat historinya, akun itu sering membela Ahok dan selalu menyerang orang yang berseberangan dengan Ahok,” ungkap Bastian.

Dalam laporan Geprindo, akun tersebut dilaporkan atas pelanggaran Undang-Undang ITE pasal 28 jo pasal 45 Undang-Undang Republik Indonesia tahun 2016 dengan ancaman pidana selama lima tahun penjara. (*/ls)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.