Senin, 01 Juni 2020

Cara Bikin dan Perpanjang SIM Tanpa e-KTP

Cara Bikin dan Perpanjang SIM Tanpa e-KTP

Foto: ilustrasi Surat Izin Mengemudi dan e-KTP. (swamedium)

Jakarta, Swamedium.com — Hingga saat ini, proses pencetakkan kartu tanda penduduk elektronik atau e-KTP di beberapa wilayah masih terkendala. Penyebabnya, blangko e-KTP selalu habis, sehingga warga harus menunggu hingga berbulan-bulan lamanya.

Hal itu tentu menyulitkan mereka yang hendak mengurus surat-surat tertentu. Salah satunya yakni memperpanjang surat izin mengemudi (SIM).

Namun, ternyata, perpanjangan SIM dapat dilakukan tanpa membutuhkan e-KTP. Hal itu disampaikan Kasubdit Registrasi dan Identifikasi Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, AKBP Iwan Saktiadi.

Menurut dia, masyarakat yang ingin membuat atau memperpanjang SIM, namun e-KTP mereka masih dalam proses, tetap bisa melakukannya. Caranya yakni dengan melampirkan surat keterangan dari pejabat daerah setempat.

“Iya, bisa. Yang bersangkutan melampirkan surat keterangan dari RT bahwa dia sedang mengurus e-KTP,” kata Iwan seperti dikutip laman viva.co.id.

Dia juga menyarankan, masyarakat yang terkendala dengan e-KTP dalam pembuatan SIM yang baru, juga menyertakan kartu keluarga (KK). Hal itu untuk menerangkan yang bersangkutan telah cukup umur untuk membuat SIM.

“Yang penting, dia ada surat keterangan bikin e-KTP. Kalau ada surat itu, ya sudah (bisa diproses pengajuannya),” pungkas Iwan. (*/ls)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.