Jumat, 29 Mei 2020

Ketua GNPF MUI Apresiasi ACT Bantu Korban Kelaparan Afrika dan Yaman

Ketua GNPF MUI Apresiasi ACT Bantu Korban Kelaparan Afrika dan Yaman

Foto: Ketua GNPF MUI melepas tim relawan Aksi Cepat Tanggap (ACT) yang berangkat ke Yaman dan tiga negara di Afrika, Jumat (17/3). (belaquran)

Jakarta, Swamedium.com — Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF MUI) KH Bachtiar Nasir mengapresiasi aksi kemanusiaan oleh Aksi Cepat Tanggap (ACT) untuk membantu korban kelaparan di Afrika (Somalia, Sudan Selatan, dan Nigeria), dan Yaman.

Pimpinan AQL Islamic Center ini menegaskan, bangsa Indonesia khususnya umat Islam punya tanggung jawab sosial untuk meringankan beban saudara-saudaranya di negara lain yang membutuhkan bantuan.

“Ini merupakan kemuliaan dari sisi kemanusiaan sehingga umat Islam harus berperan mengulurkan bantuan kepada empat negara yang dilanda kelaparan tersebut,” ujar KH Bachtiar dalam sambutannya melepas tim relawan ACT di Masjid Al Azhar, Jakarta, Jumat (17/3).

KH Bachtiar Nasir mengimbau agar umat Islam Indonesia membantu program bantuan ACT untuk bencana kelaparan di Somalia, Sudan Selatan, Nigeria, dan Yaman.

“Umat Islam sangat dianjurkan memberikan makan kepada orang yang dikenal dan tidak dikenal. Ini adalah sebuah program yang sangat mulia dan terhormat, mulia dari sisi agama dan terhormat sebagai bangsa Indonesia,” ucap Ketua Alumni Universitas Islam Madinah itu.

KH Bachtiar Nasir mengingatkan, kepedulian dan uluran tangan umat Islam untuk kemanusiaan juga akan mengangkat citra baik bangsa Indonesia di mata internasional.

“Program kemanusiaan ACT perlu mendapatkan perhatian masyarakat Indonesia dari semua elemen, mulai dari kalangan bawah, menengah, dan atas,” imbuhnya.

Sekadar diketahui, ACT melalui Tim Sympathy of Solidarity (SOS) telah menyalurkan 2,6 ton paket bantuan bahan pangan dari Indonesia ke Somalia. (*/ls)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.