Rabu, 30 September 2020

Perhatikan Kualitas Sholatmu

Perhatikan Kualitas Sholatmu

Foto: Perhatikan kualitas sholatmu. (deviantart)

Jakarta, Swamedium.com – Ukurlah dirimu dengan sholat, jika ketika sholat engkau tidak memikirkan segala sesuatu selain Allah SWT, maka berbahagialah. Tetapi, jika tidak demikian, maka tangisilah dirimu setiap kali kau gerakkan kakimu menuju sholat.

Pernahkah engkau melihat seorang kekasih tidak ingin bertemu kekasihnya? Allah Ta’ala dalam firman-NYA :
“Sesungguhnya sholat akan mencegah dari ( perbuatan-perbuatan ) keji dan mungkar” (Surat Al-Ankabut : 45 )

Barangsiapa ingin mengetahui kedudukannya di sisi Allah SWT, maka ia perhatikan bagaimana sholatnya, ia kerjakan dengan tenang dan khusyu atau dengan tergesa-gesa dan lalai. Jika sholat tersebut ternyata kau lakukan dengan lalai dan tergesa-gesa, maka taburkanlah pasir ke wajahmu.

Seseorang yang duduk bersama penjual parfum akan mencium aroma wanginya. Sedangkan sholat adalah sebuah ibadah yang seakan-akan kita sedang duduk bersama Allah SWT. Jika engkau duduk bersama Allah Ta’ala, tetapi tidak memperoleh apa-apa, itu tandanya dalam hatimu terdapat penyakit, entah itu kesombongan, berbangga diri atau ketidak sopanan.

Allah SWT mewahyukan :
“Aku akan memalingkan orang-orang yang menyombongkan dirinya di muka bumi tanpa alasan yang benar dari tanda-tanda kekuasaan-Ku”. (Surat Al-A’raf : 146).

Selepas sholat ia tidak pantas bergegas ( tergesa-gesa ) untuk meninggalkan tempat sholatnya. Akan tetapi, hendaknya dia berdzikir kepada Allah SWT dan beristigfar memohon ampun kepada-Nya atas segala kekurangan yang ia lakukan di dalam sholatnya. Berapa banyak shalat yang tidak layak untuk diterima Allah Ta’ala, tetapi setelah engkau beristigfar memohon ampun kepada-Nya atas shalat tersebut, Allah SWT kemudian menerimanya. Dahulu Rasulullah SAW selepas shalat beristigfar sebanyak tiga kali. (JM)

Wallahu A’lam bishawab

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.