Kamis, 04 Juni 2020

Tegal Deklarasikan Diri Sebagai Kota Kuliner

Tegal Deklarasikan Diri Sebagai Kota Kuliner

Foto: Salah satu ikon Kota Tegal. (ist)

Tegal, Swamedium.com — Pencanangan Tegal Kota Kuliner dilaksanakan Jum’at (17/3) di Jalan Veteran Kota Tegal, Jawa Tengah.

Penyelenggaraan itu dihadiri oleh Deputi Bidang Koordinator Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Kawasan Bisnis Pemerintah Nyoman Shuida, Walikota Tegal Siti Masitha Soeparno dan segenap jajaran Muspida Kota Tegal.

Walikota Tegal Siti Masitha Soeparno mengatakan, daya tarik sebuah Kota itu bisa dilihat dari kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara.

“Event ini akan berlangsung 3 hari dari 17 sampai 19 Maret 2017, tetapi inti acara berlangsung pada 17 Maret 2017, dimana masyarakat Kota Tegal harus mengambil momen ini agar betul-betul sudah mau memproklamirkan Kota Tegal ini sebagai Kota Kuliner 2017,” ujar Siti.

“Makanan khas Kota Tegal itu banyak sekali selain sate kambing ada tahu aci, kupat glabed, kupat blengong dan juga soto tauco,” ungkap wanita yang lebih dikenal dengan nama Bunda Sitha ini.

Siti menambahkan acara ini juga bekerjasama dengan Aku Cinta Masakan Indonesia (ACMI), dimana mereka datang ke daerah-daerah untuk mencari kekhasan dari suatu daerah khususnya kuliner, sehingga nantinya ACMI akan menuangkan dalam bentuk tulisan, media sosial, dan video kuliner. Hal ini dapat berfungsi sebagai media promosi yang sangat efektif dan dampaknya sangat luas.

Sementara itu Nyoman Shuida, Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Bisnis Pemerintah Kementerian Pariwisata menjelaskan bahwa langkah Pemkot Tegal mencanangkan diri sebagai Kota Kuliner sejalan dengan agenda kementerian, yakni mempromosikan kuliner nusantara.

“Bahkan pak Menteri (Pariwisata) telah membentuk tim percepatan wisata kuliner. Kementerian Pariwisata memang sangat serius dan mendorong agar sektor ini menjadi andalan karena dari sektor minyak gas dan batubara akan habis pendapatannya,” jelas Nyoman.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.