Senin, 14 September 2020

SMA/SMK Rawan Pungli, DPRD Jatim Jadwalkan Pemanggilan Kadiknas

SMA/SMK Rawan Pungli, DPRD Jatim Jadwalkan Pemanggilan Kadiknas

Surabaya, Swamedium.com- DPRD Jatim dalam waktu dekat akan memanggil Kepala Dinas Pendidikan Nasional (Kadiknas) Jawa Timur karena munculnya persoalan pungutan liar (pungli) pasca pengelolaan SMA/SMK oleh Pemprov Jatim.

”Mungkin setelah UAN (Ujian Akhir Nasional) akan kami panggil yang bersangkutan terkait pungli,”ungkap wakil Ketua Komisi E DPRD Jatim Sulidaim saat dikonfirmasi, Minggu (19/3).

Politisi asal PAN ini mengatakan pihaknya akan meminta keterangan batasan pungutan diperbolehkan bagi sekolah dan yang dilarang dipungut oleh pihak sekolah.

”Apalagi di Jember ada yang tertangkap. Selama ini definisi pungli di sekolah belum jelas,” ungkapnya.

Secara terpisah, Wakil ketua DPRD Jatim Kusnadi mendesak Pemprov Jatim membuat Pergub untuk mengatur pungutan di sekolah SMA/SMK.

”Selama ini kan hanya surat edaran gubernur. Kalau ada Pergub tentunya ada aturan hukum yang mengikat dan memaksa serta ada sanksi bila ada pelanggaran,” jelas politisi asal PDIP ini.

Sekadar diketahui, beberapa waktu lalu Tim Saber Pungli Polres Jember menangkap tiga orang pendidik antara lain Kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan guru karena menarik iuran untuk pelaksanaan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer). Dalam penangkapan tersebut diamankan uang tunai Rp 40 juta. (Ari)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.