Jumat, 25 September 2020

Cerita Foto Aksi Cor Semen Petani Kendeng di Depan Istana

Cerita Foto Aksi Cor Semen Petani Kendeng di Depan Istana

Jakarta, Swamedium– Sebanyak 41 orang petani dari pegunungan Kendeng, Jawa Tengah melakukan aksi protes di depan Istana Negara. Aksi dilakukan dnegan mengecor kaki menggunakan semen.

Aksi para petani itu meminta pemerintah memberi respons ‎atas ketidakadilan yang diterima pihaknya terkait izin lingkungan baru bagi PT Semen Indonesia yang diteken Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Para petani yang ikut aksi berasal dari Rembang, Pati, Gerobokan, dan Blora. Aksi dilakukan sejak Senin (13/3) hingga Kamis (16/3). Aksi dilakukan pada siang hari. Malamnya mereka menginap di Kantor LBH. Setiap hari mereka dibawa dengan mobil pick-up ke lokasi.

Bagi petani, aksi cor kaki itu dilakukan untuk masa depan kehidupan mereka. Tak ada keraguan dalam melakukan aksi, termasuk salah satu petani wanita ini.

Bendera merah putih selalu menemani aksi cor kaki petani Kendeng, Rembang. Bagi mereka penolakan pendirian pabrik Semen Indonesia di Rembang, tidak lain untuk mempertahankan lingkungan.

Beginilah penampakan kondisi kaki yang di cor itu.

Selama aksi, dengan kaki dalam keadaan di cor, para petani Kendeng, Rembang ini berorasi meminta Presiden Jokowi memerintahkan Gubernur Jawa Tengah melaksanakan putusan Mahkamah Agung yang telah mengabulkan gugatan petani Kendeng dan mencabut izin lingkungan pembangunan serta pertambangan pabrik PT Semen Indonesia di Kabupaten Rembang.

Sayangnya, walau sudah ada putusan MA, kenyataan Gubernur Jawa Tengah tetap mengeluarkan izin baru terkait izin lingkungan untuk Semen Indonesia ini. Aksi berhari-hari mereka tidak digubris pemerintah. Malah pemerintah bakal memulai pembangunan pabrik Semen Indonesia itu bulan April mendatang.

Yang bisa dilakukan para petani adalah tetap berjuang meminta Presiden Jokowi menghentikan segala aktivitas PT Semen Indonesia di Rembang. Pasalnya, kawasan yang dipakai untuk pabrik tersebut adalah kawasan karst yang dilindungi. Kawasan itu menjadi sumber air, dan pertanian.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.