Jumat, 05 Juni 2020

Inilah Airbag yang Diklaim Cocok untuk Pesepeda Kayuh

Inilah Airbag yang Diklaim Cocok untuk Pesepeda Kayuh

Foto: Hovding, 'airbag' pelindung kepala yang cocok untuk pesepeda kayuh. (ist)

Stockholm, Swamedium.com — Beberapa tahun terakhir ini, keselamatan saat bersepeda kayuh telah menjadi sorotan di seluruh dunia. Sejumlah pesepeda kayuh sudah memakai helm, namun tingkat keselamatan helm masih dipertanyakan.

Berdasarkan data World Health Organisation (WHO) pada 2016, sebanyak 49 persen korban meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas di dunia yang melibatkan kendaraan, sebesar 4 persennya berasal dari kelompok pesepeda kayuh.

Untuk memastikan keamanan dalam bersepeda kayuh, Kini Swedia menciptakan suatu alat yang disebut dengan Hovding. Perangkat ini bekerja sebagai airbag untuk yang memiliki hobi bersepeda kayuh.

Hovding yang digunakan di sekitar leher seperti syal dan terbuat dari kain nilon ultra kuat yang tidak akan robek ketika tergores dengan tanah. Alat canggih ini juga dilengkapi dengan sensor yang tertanam di dalam aribag bertenaga baterai yang dapat memantau pergerakan normal para pesepeda kayuh.

Sensor yang tertanam didalamnya dapat mendeteksi sesuatu yang tidak normal, seperti kecelakaan mobil, airbag akan mengembang secara otomatis, dan menjadi bantalan pada kepala sehingga terhindar dari benturan.

Saat ini, Hovding hanya tersedia di Eropa dengan harga 299 Euro (sekira Rp4,3 juta) per unit. Sama halnya seperti airbag pada umumnya, Hovding bekerja satu kali dengan daya yang terisi penuh agar dapat digunakan.

Perangkat ini tersedia dalam tiga ukuran kerah, yaitu kecil, sedang dan besar. Lengkap dengan tombol on/off yang melekat pada sisi kanan kerah ketika akan digunakan. Airbag ini aktif selama sepuluh jam dalam sekali pemakaiannya dan membutuhkan waktu selama tiga jam dalam pengisian baterai terisi penuh menggunakan kabel USB pada umumnya. (*/ls)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.