Minggu, 13 September 2020

Mobil RI-1 Ternyata Bisa Juga Mogok

Mobil RI-1 Ternyata Bisa Juga Mogok

Foto: Mobil kepresidenan jenis Mercedes Benz mogok saat kunjungan kerja Jokowi ke Kalimantan Barat. (ilustrasi)

Jakarta, Swamedium.com- Mobil Kepresidenan jenis Mercedes Benz yang ditumpangi Presiden Joko Widodo mogok saat kunjungan kerja ke Kalimantan Barat. Jokowi dan Ibu Negara Iriana terpaksa pindah ke mobil cadangan, Toyota Alphard.

Kejadian mogok Mercedes Benz tipe S600 Guard itu usai Jokowi meresmikan PLTG Mentawah, Kalimantan Barat, Sabtu (18/3) kemarin.

“Iya, mogok di perjalanan setelah menempuh perjalanan lebih kurang 30 menit. Mogok karena bermasalah pada setingan gas, sehingga laju kendaraan tidak bisa dalam keadaan normal,” kata Kepala Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Kepresidenan, Bey Machmudin, Senin (20/3).

Proses ganti mobil tersebut, lanjut Bey, tak berlangsung lama. Hanya sekitar lima menit, Presiden dan Ibu Negara langsung pindah mobil untuk melanjutkan perjalanan.

“Kejadiannya saat menuju daerah di Kabupaten Kubu Raya, saat hendak makan siang,” ucapnya.

Secara terpisah, Kepala Sekretariat Kepresidenan Darmansjah Djumala menuturkan, Mercy yang ditumpangi Jokowi merupakan mobil yang dibawa langsung dari Jakarta. Mercedes itu merupakan keluaran 2007.

Darmanjah mengatakan, kondisi mobil yang digunakan sesungguhnya dalam keadaan baik karena pemeliharaan rutin dan bagus, sesuai dengan log book. Mobil itu masih layak dan sesuai dengan standar VVIP.

“Tapi faktor umur, sudah 10 tahunan. Jadi memang mobil itu ada detail kecil yang haus. Kemarin tidak fatal, cuma akselerasinya melemah. Gas diinjak, (mobil) tidak lari,” kata Djumala.

Ia belum dapat memastikan mobil tersebut akan dipakai kemudian hari atau tidak. Sebab, dirinya belum menerima laporan lebih lanjut pemeriksaan terhadap mobil tersebut. (*/d)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.