Minggu, 31 Mei 2020

Akhirnya PT Semen Indonesia Hentikan Operasional di Pegunungan Kendeng

Akhirnya PT Semen Indonesia Hentikan Operasional di Pegunungan Kendeng

Foto: Teten Masduki meminta aksi cor kaki dihentikan karena PT Semen Indonesia sudah menghentikan operasional di pegunungan Kendeng. (ist)

Jakarta, Swamedium.com — Istana melalui Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki memastikan PT Semen Indonesia menghentikan proses penambangan di Pegunungan Kendeng, Rembang, Jawa Tengah.

Teten Masduki setelah menerima perwakilan Jaringan Masyarakat Peduli Pegunungan Kendeng di Bina Graha Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (20/3), memastikan hal tersebut.

“Jadi tadi kami sudah panggil PT Semen Indonesia juga hadir dalam pertemuan Deputi Menteri BUMN untuk respon demo dari masyarakat Kendeng yang menolak pabrik semen. Dan sudah disepakati bahwa PT Semen menghentikan untuk sementara proses penambangannya dan memang sudah mereka hentikan,” kata Teten.

Dalam pertemuan dengan empat perwakilan petani yang kakinya disemen itu, Teten juga menyampaikan bahwa PT Semen Indonesia setuju untuk melakukan perbaikan pada jalan-jalan rusak akibat alat-alat berat yang dioperasikan selama proses penambangan.

Selain itu, hal ketiga yang juga disampaikan Teten kepada perwakilan petani itu adalah penundaan rencana peresmian pabrik Semen Indonesia di Rembang.

“Dan beberapa proses hukum terhadap masyarakat Kendeng ini akan dibicarakan dengan Kapolri dan Kapolda. Kita sebenarnya sedang menyelesaikan kajian lingkungan hidup strategis yang sedang dilakukan oleh KLHK yang akan selesai akhir bulan ini,” katanya.

Oleh karena itulah, Teten meminta agar aksi semen kaki yang dilakukan 50 petani Kendeng sejak 8 hari lalu dihentikan. (*/ls)

Related posts

3 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.