Sabtu, 12 September 2020

Saksi Ahli Bahasa Sebut Ahok Bicara Al Maidah untuk Program Budi Daya Ikan

Saksi Ahli Bahasa Sebut Ahok Bicara Al Maidah untuk Program Budi Daya Ikan

Foto Rahayi Surtiati sebagai saksi ahli bahasa yang meringankan, sebut Ahok bicara Al Maidah untuk proyek program Budi Daya Ikan. (Yoga/swamedium)

Jakarta, Swamedium.com—Sidang ke 15 kasus penistaan agama Islam dengan terdakwa Basuki Tjahaj Purnama alias Ahok menghadirkan saksi meringankan Rahayi Surtiati. Dia dihadirkan sebagai saksi ahli bahasa dalam persidangan yang digelar di Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan, Selasa (21/3).

Menurut Rahayi, pernyataan Ahok soal Al Maidah hanya sebuah pengandaian saja.

“Saya sudah jelaskan di sidang bahwa yang dikemukakan pidato Ahok di Kepulauan Seribu itu tidak ada unsur penistaan atau penodaan. Karena semua kata-katanya menjurus kepada keberlanjutan program budi daya ikan disana. Jadi pembicara (Ahok) meyakini para hadirin bahwa proyek ikan tersebut akan terselenggara,” ujar Rahayi usai persidangan kepada wartawan, termasuk swamedium.

Menurut Rahayi, dari transkrip yang diberikan kepada dia, Ia hanya melihat soal keberlanjutan proyek budi daya ikan.

Sebagai saksi ahli bahasa Rahayi tetap melihat pernyataan Basuki atau akrab disapa Ahok itu tentang Surah Al Maidah hanya sebagai pengandaian.

“Ketika orang berpidato, dia bebas memberikan ujaran sebagai bagian dari pidato yang membahas itu. (Surah) Al Maidah hanya pengandaian. Kalau dihilangkan, bisa jadi kurang meyakinkan,” ujar Dosen Universitas Indonesia ini lagi. (yog)

Related posts

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.