Minggu, 07 Juni 2020

Saksi Ahli Disebut Sudah Briefing Sebelumnya dengan Tim Kuasa Hukum Ahok

Saksi Ahli Disebut Sudah Briefing Sebelumnya dengan Tim Kuasa Hukum Ahok

Foto: Saksi dari PBNU Jakarta Ahmad Ishomuddin sebagai saksil ahli agama dihadirkan di persidangan perkara penistaan agama dengan terdakwa Ahok. (Yoga/swamedium)

Jakarta, Swamedium.com– Persidangan kasus penistaan agama dengan terdakwa Gubernur DKI Jakarta non aktif Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menghadirkan 3 saksi ahli dari tim kuasa hukum terdakwa.

Salah satu saksi ahli yang dihadirkan adalah dari Rais Syuriah PBNU DKI Jakarta Ahmad Ishomuddin sebagai ahli agama Islam.

Menurut Samsu Hilal, sebagai saksi pelapor yang selalu menghadiri persidangan, bahwa saksi ahli agama yang dihadirkan oleh tim kuasa hukum terdakwa tidak independen.

“Seharusnya sebagai saksi ahli, beliau harus menyampaikan independesi terhadap keilmuannya, saksi apapun, tidak boleh memihak ke siapa pun,” ujar Samsu di Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan, Selasa (21/3).

Saat di persidangan, lanjut Samsu saksi ahli agama yang dihadirkan sempat ‘keceplosan’ bahwa dirinya sehari sebelum pelaksanaan sidang sudah melakukan briefing dengan tim kuasa hukum terdakwa

“Pada hari Senin, saksi keceplosan bahwa dia sudah briefing dengan salah satu kuasa hukum terdakwa, yaitu Humprey Djemat,” ungkapnya.

“Berdasarkan informasi tersebut maka kesaksian-kesaksian selanjutnya sangat diragukan,” pungkas Samsu. (Yog/ls)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.