Selasa, 29 September 2020

Effendi Gazali: Pilkada DKI Paling Brutal di Medsos

Effendi Gazali: Pilkada DKI Paling Brutal di Medsos

Foto: Diskusi Kebangsaan dan Republik Media Sosial digelar di Univ. Prof Dr Moestopo (beragama) di Jakarta, Kamis (23/3). (ist)

Jakarta, Swamedium.com– Dalam rangka memperingati Dies Natalis ke 56 Universitas Prof Dr Moestopo (Beragama) menggelar Diskusi Publik bertajuk “Demokrasi Kebangsaan di Republik Sosial Media” yang bertempat di Jalan Cikini Raya Nomor 25, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat.

Persaingan dalam Pilkada DKI Jakarta, dinilai oleh pakar komunikasi DR Effendi Ghazali ‘luber’.

“Tapi menurut saya bukan luber dari langsung umum bebas dan rahasia melainkan langsung umum dan brutal,” ujarnya saat acara diskusi berlangsung, Kamis (23/3).

Menurutnya, persaingan dari kubu pendukung benar-benar luar biasa.

“Kedua pihak saling memanfaatkan media sosial (medsos) untuk melakukan serangan kepada pihak lawan secara membabi buta,” papar Effendi.

Masing-masing peserta Pilkada DKI punya tim medsos yang berperan memaparkan berbagai program yang diusung.

“Namun sekaligus juga melakukan black campaign dengan berbagai cara, memanfaatkan teknologi informasi,” lanjut Effendi yang juga dosen pascasarjana di Univ. Prof DR Moestopo (Beragama).

Diskusi juga menghadirkan narasumber pengelola medsos yakni Haryadi selaku Kordinator Tim Data Ahok-Djarot dan Thomas Musa sebagai Tim Sosmed Anies-Sandi. Acara diskusi dibuka oleh DR Paulus Yanwar mewakili rektor dari perguruan tinggi tersebut. (Jok/ls)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.