Minggu, 20 September 2020

Penggunaan Obat-obatan Herbal

Penggunaan Obat-obatan Herbal

Pertanyaan Pembaca:

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh….
Langsung saja ya…
Kadar gula darah, kolesterol, dan asam urat tinggi, obat herbal yang baik apa ya… Mohon pencerahan, saat ini beliau berusia 76th, keseharian sehat wal’afiat… Jalan kaki 1-4km ( kepasar ) masih sanggup Alhamdulillah…..
Terima kasih
Assalamualaikum….

Mohamad SK

Jawaban:

Wa’alaikum salam Warahmatullahi Wabarakatuh,

Obat Herbal atau Tanaman Obat berdasarkan Peraturan Kepala BPOM RI Nomor HK.00.05.41.1384 terdiri dari 3 jenis yaitu:

1. Obat Tradisional adalah bahan atau ramuan bahan yang berupa bahan tumbuhan, bahan hewan, bahan mineral, sediaan sarian (galenik) atau campuran dari bahan tersebut, yang secara turun-temurun telah digunakan untuk pengobatan berdasarkan pengalaman (Jamu= contoh obat Tradisional Indonesia).

2. Obat Herbal terstandar adalah sediaan obat bahan alam yang telah dibuktikan keamanan dan khasiatnya secara ilmiah dengan uji praklinik dan bahan bakunya telah di standarisasi (Belum teruji secara klinis).

3. Fitofarmaka adalah sediaan obat bahan alam yang telah dibuktikan keamanan dan khasiatnya secara ilmiah dengan uji praklinik dan uji klinik, bahan baku dan produk jadinya telah di standarisasi.

Jamu sebagai warisan budaya bangsa perlu terus dikembangkan dan dilestarikan dengan fokus utama pada aspek mutu dan keamanannya (safety). Khasiat jamu sebagai obat herbal selama ini didasarkan pengalaman empirik yang telah berlangsung dalam kurun waktu yang sangat lama. Berdasarkan berbagai hasil penelitian ilmiah yang telah dilakukan selama ini ternyata sebagian besar jamu yang digunakan oleh masyarakat luas mengandung dua komponen penting, yaitu imunomodulator dan anti oksidan.
Dengan demikian jamu bermanfaat untuk menjaga dan memelihara kesehatan, sehingga tidak mudah sakit karena sistem imunitas tubuh terpelihara dan berfungsi dengan baik.

Pages: 1 2 3

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.