Sabtu, 19 September 2020

KPK Tetapkan Tersangka Baru Kasus Korupsi e-KTP

KPK Tetapkan Tersangka Baru Kasus Korupsi e-KTP

Foto: Juru Bicara KPK Febri Diansyah (ist)

Jakarta, Swamedium.com– Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menetapkan tersangka baru dalam kasus korupsi e-KTP yakni, Andi Agustinus alias Andi Narogong.

“Berdasarkan hasil gelar perkara dan dua alat bukti yang cukup KPK menetapkan AA sebagai tersangka kasus dugaan korupsi proyek e-KTP tahun anggaran 2011-2012,” ujar Wakil Ketua KPK Alexander Marwata saat jumpa pers di kantornya, Jakarta Selatan, Kamis (23/3).

Penyidik KPK meyakini bahwa Andi melakukan persekongkolan jahat bersama dua tersangka sebelumnya Irman dan Sugiharto.

Ketiga pelaku itu juga diduga oleh KPK telah melakukan mark up atau item proyek berskema multiyear tersebut. Yang mengakibatkan negara mengalami kerugian hingga mencapai Rp 2,3 Triliun.

Andi pun disangkakan melanggar Pasal 2 ayat (1) dan atau Pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 tahun 2001 Jo Pasal 64 KUHP.

Perlu diketahui, Andi Agustinus merupakan pengusaha tekstil itu disebut-sebut sebagai pihak yang mengincar proyek e-KTP sebelum pembahasan anggaran dilakukan oleh DPR dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Andi termasuk orang dekat Ketua DPR Setya Novanto. (JM)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.