Rabu, 30 September 2020

DPR Pertanyakan Keuntungan Negara Dari Reklamasi Teluk Jakarta

DPR Pertanyakan Keuntungan Negara Dari Reklamasi Teluk Jakarta

Jakarta, Swamedium.com – Pengembang proyek reklamasi Teluk Jakarta semakin hari semakin menekan dan menyengsarakan masyarakat di sekitar proyek.  Ketua Komisi IV DPR RI, Edhy Prabowo mempertanyakan keuntungan yang didapat oleh negara terkait pembangunan 17 pulau reklamasi di Teluk Jakarta itu.

Edhy menyoroti kelakuaan para pengembang yang semakin hari semakin menekan dan menyengsarakan masyarakat sekitar proyek reklamasi. Indikasinya, penggusuran di sekitar proyek reklamasi semakin terjadi.

“Apa sih keuntungan yang didapatkan negara secara umum?” tanya Edhy saat meninjau lokasi pulau C, D, dan G di Teluk Jakarta, sebagaimana dikutip republika.co.id di akhir pekan ini.

Edhy menyayangkan jika keuntungan yang didapat hanya dari segi ekonomi saja. Sebab, menurut dia, jika dilihat dari bentuk uang dan tidak memikirkan jangka panjang, hal tersebut sangat salah. “Kalau dilihat dari uang, tapi dalam jangka panjangnya kerugian materi lainnya akan muncul, buat apa,” katanya.

Oleh karena itu, kata dia, jika proyek tersebut tidak dihambat dan tidak berjalan sesuai dengan peraturan perundang-undangan, masyarakat sekitar akan terus menderita. “Penggusuran akan terus dilakukan di sekitar reklamasi, ini yang tidak kita inginkan,” tambahnya.

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Herman Khaeron menambahkan, reklamasi dengan skala luasan tertentu seharusnya dikelola oleh negara. Sehingga nilai manfaat bagi rakyat jauh lebih tinggi dibandingkan dengan nilai komersilnya. Sementara yang ada saat ini, kata dia, lebih banyak nilai komersil propertinya dibandingkan dengan nilai manfaat bagi rakyat.

“Kalau kita lihat keberadaan Pulau G, posisinya itu akan menutup akses terhadap akses nelayan. Selain itu kalau seluruh mangrove-nya tertutup oleh pulau reklamasi, maka otomatis tidak ada lagi sumber daya ikan sebagai tempat memijah dan tempat membesarkan ikan,” tuturnya.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.