Selasa, 29 September 2020

Pembangunan Wisma Atlet Kemayoran Capai 70%

Pembangunan Wisma Atlet Kemayoran Capai 70%

Jakarta, Swamedium.com – Progres pembangunan tiga tower Wisma Atlet Kemayoran sudah mencapai 70 persen dan sudah menghabiskan biaya sebesar Rp700 miliar. Pembangunan penginapan atlet untuk mendukung pelaksanaan Asean Games 2018 ini diharapkan selesai pada Agustus atau September 2017.

Direktur Operasional PT Waskita Karya Tbk Adi Wibowo mengatakan hingga saat ini, progres pembangunan 3 menara sudah mencapai 70% dan telah menelan biaya Rp 700 miliar. Waskita Karya adalah salah satu kontraktor proyek tersebut.

“Katakanlah 70% dari nilai kontrak kami Rp1 triliun, jadi ya sudah Rp 700 miliar,” tutur Adi di Kemayoran, seperti dikutip Detik.com di Jakarta, Minggu. Perkampungan atlet ini total direncanakan terdiri dari 10 tower. Tiga tower ditargetkan selesai Agustus tahun ini. Seusai Asean Games yang akan berlangsung pada Agustus 2018,  penginapan atlet tersebut akan dijadikan sebagai rumah susun sewa untuk masyarakat berpenghasilan rendah.

Adi menjelaskan, saat ini pihaknya sudah merampungkan pembangunan struktur gedung, sehingga menyisakan pekerjaan pemasangan fasilitas seperti lift dan genset serta finishing.

“Lift terutama yang masih kami tunggu kedatangannya, dan sekarang baru datang 30%, sisanya masih dalam perjalanan. Selebihnya kecil-kecil. Dalam kontrak kami target 8 Agustus, mudah-mudahan kami bisa selesaikan di Juli,” imbuhnya.

Untuk lift dan genset, Waskita membelinya dari China. Ada sekira 20 lift yang akan terpasang pada 3 tower tersebut. Nilai liftnya itu, kata Adi, sekitar 7% dari total nilai proyek.

Kendati begitu, dirinya menegaskan, bahwa Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) dari tower yang dibangun mencapai 90%. “Yang dari luar negeri sedikit sekali,hanya lift dan genset saja. Jadi 90% dari dalam negeri,” pungkasnya.

Sekadar informasi, proyek pembangunan Wisma Atlet Kemayoran diperkirakan menelan biaya hingga Rp 3,4 triliun. Proyek ini digarap oleh PT Waskita Karya (Persero) Tbk, KSO Abipraya-Indulexco, Adhi Karya-Jaya Kontruksi-Penta, serta KSO Wika Cakra.Pembangunan Wisma Atlet Kemayoran guna mendukung perhelatan Asean Games 2018 ini sudah dimulai sejak 17 Maret 2016 dengan kontraktor pelaksana KSO PT Brantas (persero)-Indulexco, PT Waskita Karya (persero) Tbk, PT Adhi Karya (persero) Tbk-PT Jaya Konstruksi Tbk-Penta, dan PT Wijaya Karya (persero) Tbk-Cakra.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.