Selasa, 29 September 2020

Setelah 8 Tahun Pemuda Ini Temukan Bug di Kernel Linux

Setelah 8 Tahun Pemuda Ini Temukan Bug di Kernel Linux

Moscow, Swamedium.com- Apakah anda mengetahui tentang High Data Link Control (HDLC)? HDLC merupakan protokol yang digunakan pada jaringan WAN (Wide Area Network).

HDLC memiliki fungsi untuk mengatasi kesalahan pengiriman data ke protokol yang berorientasi karakter dengan menggunakan metode half duplex (metode pengiriman data yang cara mengirim dan menerima datanya tidak secara bersamaan).

Alexander Popov, seorang developer linux muda menemukan dan membenahi bug ini mengatakan adanya kondisi algoritma yang menyebabkan bug ini terjadi pada bagian modul n_hdlc (drivers/tty/n_hdlc.c) di dalam kernel Linux versi 4.10 (CVE-2017-2636).

Popov menambahkan, bug ini dapat menyebabkan hacker bisa menyerang sistem melalui jaringan internet tanpa membutuhkan perangkat keras tambahan.

Redhat melaporkan imbas yang terjadi dari bug ini pada kernel linux yang digunakan di sistem operasinya Redhat Enterprise Linux (RHEL) 6, 7, Redhat Enterprise MRG 2 dan Redhat real-time Linux. Redhat berkomitmen akan segera menambahkan patch untuk bug ini.

Canonical telah merilis kernel Linux dengan patch untuk bug ini. Sedangkan SUSE sedang bekerja untuk memasukan patch untuk bug ini. (rk)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.