Minggu, 20 September 2020

Start Posisi 10, Rossi Kecewa Sesi Kualifikasi MotoGP Qatar Dibatalkan

Start Posisi 10, Rossi Kecewa Sesi Kualifikasi MotoGP Qatar Dibatalkan

Doha, Swamedium.com– Pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi kecewa dengan pembatalan sesi kualifikasi MotoGP Qatar, Sabtu (25/3) malam waktu setempat. Pasalnya, pembatalan itu membuat dia harus start dari posisi ke 10.

“Bagi saya secara pribadi, ini (pembatalan kualifikasi) buruk. Saya harus start di belakang. Tapi ini pilihan yang tepat,” kata Valentino Rossi, seperti dilansir situs MotoGP.

Keputusan pembatalan diambil penyelenggara karena lintasan tak kunjung mengering. Padahal panitia sudah bekerja keras mengeringkan lintasan.

Kondisi trek yang basah dianggap kurang aman bagi pebalap. Para rider bakal kesulitan memacu kendaraan dengan maksimal di trek basah di bawah sinar lampu. Otoritas MotoGP awalnya sempat menjadwalkan sesi latihan bebas tambahan selama 20 menit untuk mengevaluasi kondisi lintasan. Namun, sesi tersebut ditunda dan kemudian dibatalkan.

“Kondisi trek ada yang basah sebagian, ada yang benar-benar basah. Anda tak bakal tahu ban yang bisa dipakai dan kondisi itu sangat berbahaya. Ini (pembatalan kualifikasi) satu-satu keputusan yang bisa diambil,” ucap Rossi.

Untuk menentukan posisi start, penyelenggara akhirnya mengambil akumulasi hasil tiga latihan bebas yang dilakukan sebelumnya.

Dalam latihan bebas itu, catatan waktu Rossi sangat buruk, berbanding terbalik dengan rekan satu timnya Vinales, yang ditetapkan sebagai peraih waktu terbaik—start dari posisi pertama.

Pada latihan bebas pertama (FP1), Rossi menempati posisi kesembilan, kemudian berada di urutan keenam pada FP2. Pada FP3, Rossi semakin terpuruk karena hanya menempati posisi ke-13.

Hasil kumulatifnya, panitia menetapkan Rossi berada pada baris ke 10 dalam lomba yang akan berlangsung Minggu (26/3) malam waktu setempat. (*/d)

Foto: Valentino Rossi kecewa mendapat posisi start ke 10, setelah panitia membatalkan sesi kualifikasi MotoGP Qatar. (ist)

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.