Kamis, 24 September 2020

Aroma Politis Dibalik Pencopotan Direksi BNI Syariah

Aroma Politis Dibalik Pencopotan Direksi BNI Syariah

Jakarta, Swamedium.com – Keputusan pemegang saham PT BNI Syariah dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 23 Maret 2017, yang mencopot Direktur Utama Imam Teguh Saptono dan Direktur Bisnis Konsumer Kukuh Rahardjo digantikan oleh Abdullah Firman Wibowo dan Dhias Widhiyati, kental dengan aroma politis. Adakah kaitannya dengan dukungannya pada Aksi Bela Islam Jilid 1 dan Jilid II?

Sulit dipungkiri tidak ada alasan politis dibalik pergantian mendadak dua pejabat yang baru dilantik setahun lalu itu. Pejabat sebuah instansi pemerintahan, biasanya diganti kalau kinerjanya buruk, terlibat kasus hukum atau tidak disukai rezim yang berkuasa. Dan, tidak ada alasan kinerja maupun hukum pada keduanya. Tak heran, bila alasan politis yang lebih muncul di permukaan.

Dari sisi performa bisnis, BNI Syariah memiliki kinerja paling kinclong dibandingkan bank lainnya. Meroketnya kinerja bank ini tidak bisa dilepaskan dari sosok Imam Teguh Saptono. Meski, doktor agribisnis dari Institut Pertanian Bogor (IPB) ini baru menjabat sebagai direktur utama pada 23 Februari 2016, namun Imam telah menjadi direktur bisnis sejak tahun 2012.

Dalam setahun masa jabatannya sebagai direktur utama pun, BNI Syariah menunjukkan performa positif disaat perbankan lainnya menurun. Laporan keuangan BNI Syariah per 31 Desember 2016 menunjukkan pertumbuhan positif dengan posisi laba sebesar Rp 277,37 miliar atau meningkat 21,38 persen dibanding Desember 2015 sebesar Rp 228,52 miliar.

Dibawah kepemimpinan Imam, Manajemen BNI Syariah juga telah merancang berbagai program dan produk baru yang dinilai pelaku bisnis sangat inovatif. Salah satu program yang dinilai kreatif dan inovatif yakni BNI Wakaf Hasanah yang telah menghimpun dana sebanyak Rp 4 miliar sejak diluncurkan pada akhir tahun lalu. Program ini nantinya juga akan di bundling dengan program wisata halal yang direncanakan diluncurkan pertengahan tahun ini.

Pages: 1 2 3

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.