Kamis, 17 September 2020

Prihatin Gelandangan Menjamur, DPRD Jatim Buat Perda Kesejahteraan Sosial

Prihatin Gelandangan Menjamur, DPRD Jatim Buat Perda Kesejahteraan Sosial

Surabaya, Swamedium.com- Peningkatan jumlah gelandangan dan penderita gangguan jiwa atau orang gila (orgil) di Jatim membuat DPRD Jatim resah. Mereka saat ini sedang menggodok sebuah perda yang dinamakan Perda Kesejahteraan Sosial untuk melindungi gelandangan dan penderita gangguan jiwa di Jatim.

”Tugas negara itu melindungi warga negaranya sehingga sudah selayaknya gelandangan dan penderita gangguan jiwa mendapat perlindungan juga. Perda Kesejahteraan Sosial ini nantinya berfungsi memelihara mereka dan memenuhi kewajiban negara untuk memperhatikan mereka,” ungkap Wakil Ketua Komisi E DPRD Jatim Sulidaim saat ditemui dikantornya, Senin(27/3).

Sulidaim mengatakan nantinya akan ada pendataan dari Dinas Kependudukan Jatim untuk mendata mereka untuk mendapatkan identitas.

”Kalau ada identitasnya tentunya mereka berhak untuk mendapatkan pelayanan fasilitas umum milik negara. Misalnya mendapatkan pelayanan dari BPJSkesehatan. Bagi kami kesehatan itu yang utama,” jelasnya.

Ditambahkan oleh Sulidaim, pihaknya yakin nantinya Pemprov akan menyetujui Perda tersebut karena selama ini Gubernur Jatim selalu menyuarakan APBD untuk rakyat.

”Gelandangan dan penderita gangguan jiwa juga bagian dari rakyat di Jatim sehingga mereka berhak mendapatkan fasilitas yang layak dari negara. Saya yakin APBD Jatim mampu untuk menanggung kesejahteraan mereka” pungkasnya.(Ari)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.