Kamis, 24 September 2020

Hindari Denda Pajak, Pemilik KPR Wajib Laporkan Propertinya

Hindari Denda Pajak, Pemilik KPR Wajib Laporkan Propertinya

Jakarta, Swamedium.com – Masa pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) wajib pajak orang pribadi akan berakhir pada 31 Maret ini. Meski belum lunas, Wajib pajak (WP) yang memiliki cicilan KPR sebaiknya tetap  melaporkan kepemilikan propertinya itu agar terhindar dari ancaman denda sebesar 150 persen.

Sebagai salah satu sumber pendapatan negara, pemerintah dari tahun ke tahun makin gencar untuk menertibkan masyarakat agar membayar pajak dengan benar. WP yang belum benar dalam melakukan pelaporan pajak diberikan amnesti pajak supaya membenarkan SPT-nya dengan denda ringan sampai 31 Maret ini. Setelah itu, kesalahan dalam melaporkan harta diancam denda hingga mencapai 150%.

Walau sistem pelaporan SPT sudah semakin canggih dengan kehadiran e-filing, masih banyak WP yang belum paham tentang harta apa saja yang harus mereka laporkan. Hal yang perlu dilaporkan itu bukan hanya penghasilan bruto dari bekerja selama setahun saja, tetapi cicilan KPR pun tidak boleh luput untuk diinput.

Beberapa kasus, WP lupa tidak melaporkan harta berupa rumah yang dibeli dengan KPR.Walau belum lunas atau masih mencicil, harta yang Anda miliki dianggap sudah bertambah. Di sisi lain, sisa cicilan KPR yang belum dibayar terhitung sebagai utang. Oleh karena itu, pos harta maupun utang harus diisi.

Dalam pelaporan SPT, setiap kenaikan dan penurunan harta setiap tahunnya perlu diketahui dengan seksama untuk menentukan perhitungan pajak yang akurat. Oleh karena itu, saat Anda membeli sebuah rumah dengan cara berutang atau KPR sekalipun tetap harus dilaporkan.

Misalnya, Anda membeli sebuah rumah dengan cara KPR seharga Rp500 juta. Anda telah membayar uang muka di awal Rp35 juta dan telah melakukan angsuran sebesar Rp115 juta. Itu berarti, harta Anda dari rumah tersebut ialah Rp500 juta. Sementara, cicilan serta DP sebesar Rp150 juta dilaporkan sebagai utang yang telah dibayar lalu sisanya sebesar Rp350 juta disebutkan sebagai utang.

Pages: 1 2 3

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.