Minggu, 07 Juni 2020

Pembina Kegiatan Pramuka yang Makan Tanpa Alas Hanya Diberi Sanksi Tertulis

Pembina Kegiatan Pramuka yang Makan Tanpa Alas Hanya Diberi Sanksi Tertulis

Jakarta, Swamedium.com— Kwarcab Pramuka Kabupaten Tangerang memutuskan member sanksi tertulis kepada Pembina kegiatan pramuka yang makan beralaskan tanah dan rumput.

“Sudah diberi sanksi tertulis, ini sekaligus untuk pelajaran kita semua. Terutama dalam hal fungsi pengawasan,” kata Sekretaris Kwarcab Pramuka Kabupaten Tangerang, Dadang Sudrajat, Selasa (28/3).

Pembina pramuka yang diberi sanksi itu beradal dari wilayah Kronjo, sebagai penanggungjawab acara.

Disebutkan, foto yang menjadi viral di media sosial itu merupakan bagian dari pengkaderan dan pelantikan anggota baru Saka Wira Kartika Koramil-13/Kronjo. Acara dilaksanakan di Bumi Perkemahan Pantai Satuan Radar 211 TNI-AU pada 17-19 Maret 2017. Peserta berasal setingkat SMA.

Kejadian berawal, ketika para anggota diminta untuk makan bersama dengan membawa tempat serta alat makannya masing-masing. Karena ada yang tidak bawa tempat makanan dan ada juga yang mengelak makan bersama, terjadilah hukuman itu.

“Lalu terjadi lah hukuman seperti itu,” kata Dadang. Namun diakuinya hal itu salah hingga akhirnya muncul foto tersebut dan menjadi viral.

“Sebenarnya para anggota pramuka itu tidak komplain karena sudah mendapat penjelasan. Kalau ada komplain pasti sudah ramai saat awal, sampai seminggu setelah kegiatan mereka kumpul lagi, tidak ada masalah sama sekali,” ujar Dadang.

Sekarang sebagai bentuk hukuman, Pembina kegiatan diminta berjanji tak melakukan hal serupa dikemudian hari dalam memberikan pendidikan. Serta harus menjunjung tinggi Dasa Dharma Pramuka dalam memberikan pendidikan dan pelatihan. (d)

Foto: Pembina kegiatan pramuka yang menyuruh makan peserta beralaskan tanah diberi sanksi tertulis. (ist)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.