Jumat, 25 September 2020

DPR Akan Panggil Timsel KPU dan Bawaslu Akhir Bulan Ini

DPR Akan Panggil Timsel KPU dan Bawaslu Akhir Bulan Ini

Foto:

Jakarta, Swamedium.com – Komisi II DPR RI merencanakan untuk memanggil Tim Seleksi (Timsel) Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) pada akhir bulan Maret ini. Pemanggilan ini dilakukan sebelum proses Uji Kelayakan dan Kepatutan (fit & proper test), yang akan berlangsung pada 3– 5 April.

Tim seleksi KPU dan Bawaslu yang beranggotakan 11 orang ini dibentuk untuk membantu Presiden melakukan serangkaian kegiatan untuk menyeleksi calon-calon anggota KPU dan Bawaslu RI.

“DPR ingin mendengar langsung tahapan-tahapan seleksi apa saja yang sudah dijalankan oleh Timsel dan apakah mereka sudah melaksanakan tugasnya secara terbuka dengan melibatkan partisipasi masyarakat,” kata Anggota Komisi II Hetifah Sjaifudian di Gedung Parlementaria, Senayan, Jakarta (29/03).

Politikus dari Golkar ini ingin memastikan bahwa Timsel yang sudah berkoordinasi dengan lembaga yang berkompeten seperti, Kepolisian, PPATK, BNN dan lain-lain untuk menelusuri rekam jejak setiap calon.

“Kami ingin memastikan bahwa Timsel tidak  melakukan tindakan yang bersifat diskriminatif terhadap bakal calon, seperti mereka yang memiliki kebutuhan khusus dan penyandang disabilitas,” jelasnya.

Dengan demikian, Kata Hetifah, pada pertemuan nanti, Timsel bisa membawa berkas serta data setiap bakal calon atau fakta-fakta lain terkait calon jika DPR merasa masih ada kekurangan data.

“Kita berharap rapat DPR dengan Timsel akan berlangsung baik sehingga proses Fit and Proper Test akan berjalan sesuai rencana dan menghasilkan nama-nama Anggota KPU dan Bawaslu yang memiliki integritas dan keahlian, sehingga mampu menjalankan tugasnya untuk menyelenggarakan semua tahapan Pemilu dengan baik,” tandasnya. (*)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.