Selasa, 29 September 2020

Kirim Dubes Ke Jatim, Swiss Jajaki Kerjasama Dibidang Riset

Kirim Dubes Ke Jatim, Swiss Jajaki Kerjasama Dibidang Riset

Foto: Gubernur Jatim Soekarwo menerima kunjungan Dubes Swiss untuk Indonesia di Grahadi, Surabaya. (Ari/swamedium)

Surabaya, Swamedium.com- Potensi kualitas SDM dan SDA yang ada di Jatim, ternyata menarik perhatian pemerintah Swiss untuk meningkatkan kerjasama khususnya di bidang Riset.

Bahkan pemerintah Swiss mengirimkan Duta besarnya untuk Indonesia Yvonne Baumann secara khusus menemui Gubernur Jatim Soekarwo di Grahadi Surabaya, Rabu (28/3).

Usai menerima dubes Swiss untuk Indonesia Yvonne Baumann, Gubernur Jatim Soekarwo mengatakan kerjasama bidang riset dengan Swiss nantinya akan melibatkan perguruan tinggi dengan harapan nantinyabisa menghasilkan produk yang berkualitas dan jauh lebih bagus.

”Kunjungan Dubes Swiss ke Jatim yang didampingi Konsul Kehormatan Swiss di Surabaya Christopher Tjokrosetio, merupakan kesempatan yang tepat untuk melihat langsung potensi Jatim. Ini merupakan peluang bagi investor karena Jatim merupakan peluang pasar yang sangat potensial untuk Wilayah Indonesia Timur,” kata pria yang akrab dipanggil Pakde Karwo.

Mantan Kadispenda Jatim ini mengatakan peluang pasar ASEAN indonesia mencapai 40 persen dan Jatim sendiri sudah bisa menguasai 8 persen peluang pasar ASEAN. Hal ini memberikan peluang dalam meningkatkan kerja sama dan membawa dampak positif bagi kedua belah pihak.

Selama ini, lanjut Soekarwo, Swiss sudah bekerja sama dengan Unair di bidang pengobatan penyakit tidak menular, juga sudah membantu pendidikan vokasional di BLK Malang. Kerja sama antara Jatim – Swiss di bidang perdagangan dan pariwisata terus meningkat.

“Saya masih ingin meningkatkan kerja sama dengan salah satu perusahaan Swiis PT. Nestle Indonesia, karena Jatim masih kekurangan 800 ton susu/ hari,” tambahnya.

Selain PT. Nestle Indonesia,ujar Soekarwo, perusahaan besar dari Swiss diantaranya, PT Lamipak Primula Indonesia, PT Akasha Wira Internasional Tbk, PT Villiger Tobacco Indonesia, dan PT Ades Waters Indonesia Tbk juga berinvestasi di Jatim. (Ari)

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.