Kamis, 24 September 2020

Unjuk Rasa Sopir Angkot di Depok Hari Ini Batal

Unjuk Rasa Sopir Angkot di Depok Hari Ini Batal

Foto: ilustrasi demo sopir angkot. (ist)

Depok, Swamedium.com- Rencana unjuk rasa dan mogok operasional massal yang akan dilakukan sekitar 6000 sopir angkot di kota Depok yang sedianya dilakukan pada Rabu 29 Maret 2017 batal dilaksanakan. Semula unjuk rasa tersebut dilakukan untuk menolak keberadaan ojek online di kota Depok.

Ada pun pembatalan demo karena Pemerintah Kota (Pemkot) Depok telah menerbitkan Peraturan Wali Kota (Perwal) Depok Nomor 11 Tahun 2017 tentang Angkutan Orang dengan Sepeda Motor, yang resmi diterima Organda Depok, serta Forum Komunikasi Angkotan Kota Depok (FKAKD), Senin (27/3).

Ketua FKAKD Maryono mengatakan, dengan dikeluarkannya Perwal tersebut, sedikit banyak membuat para sopir angkot lega. Sehingga mereka memutuskan membatalkan rencana demo mogok operasional massal hari ini.

Menurut Maryono, sejumlah poin dalam Peraturan Wali Kota Depok Nomor 11 Tahun 2017 tentang Angkutan Orang dan Sepeda Motor yang membuat para sopir angkot sedikit lega adalah mengenai poin larangan ojek online untuk memarkir kendaraannya di badan jalan, bahu jalan dan trotoar jalan.

Kemudian, larangan ojek online menaikkan dan mencari penumpang di kawasan terminal. Lalu, larangan ojek online menaikkan penumpang di badan jalan yang telah dilayani oleh trayek angkutan kota.

“Artinya, Perwal ini mengatur ojek online agar tidak mengacak-acak penumpang di rute dan trayek kami. Diluar itu, masih banyak titik yang bisa dipakai mereka cari penumpang,” katanya seperti dilansir tribunnews Selasa (28/3).

Menurut Maryono setelah menerima salinan Perwal, pihaknya langsung mencabut surat pemberitahuan unjuk rasa dan mogok operasi yang direncanakan Rabu besok, ke Polresta Depok.

“Kami juga sosialisasikan ke seluruh sopir angkot anggota forum kami, untuk membatalkan rencana aksi unjuk rasa, karena sebagian besar tuntutan sudah diakomodir,” kata Maryono. (*/ls

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.